Di Tengah Banjir Rob, Warga Demo Sambil Naik Perahu dan Tangkap Ikan

Yudha Bahar, iNews · Selasa 27 April 2021 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 608 2401786 di-tengah-banjir-rob-warga-demo-sambil-naik-perahu-dan-tangkap-ikan-GkgTrllPae.jpg Warga demo banjir rob sambil naik perahu (Foto: Yudha Bahar)

MEDAN - Ratusan warga pesisir kota Medan, Kecamatan Medan Belawan pada Selasa (27/4/2021) petang melakukan aksi unjuk rasa di tengah banjir rob atau pasang air laut yang terjadi selama 2 hari berturut-turut. Warga berunjuk rasa dengan membawa perahu, menjala ikan hingga membubuhkan tanda tangan di kain putih panjang.

Ratusan masyarakat melakukan aksi unjuk rasa di persimpangan jalan Sumatera, Kecamatan Medan Belawan. Warga berorasi dengan membawa perahu nelayan tradisional, menjala ikan di tengah banjir hingga membubuhkan tanda tangan.

Baca Juga:  Banjir Rob Rendam Ribuan Rumah Warga di Medan

Mereka meminta Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Deliserdang, Pemko Medan dan perusahaan besar BUMN serta swasta berkolaborasi menyelamatkan pesisir kota Medan dari banjir rob, yang semakin hari semakin menenggelamkan rumah dan badan jalan.

Irfan Hamidi, salah seorang masyarakat Belawan mengatakan, tingginya volume air banjir rob kali ini tidak seperti banjir sebelumnya. Banjir rob yang biasanya terjadi 5 tahun sekali, namun kali ini sulit diprediksi akibat tidak adanya tempat resapan dari banjir rob.

Masyarakat juga meminta pemerintah dapat membangun tanggul pencegah banjir meluap ke permukiman penduduk.

Baca Juga:  Dampak Ombak Tinggi dan Pasang Maksimum, BMKG : Waspada Banjir di Pesisir

Masyarakat berharap pembangunan tanggul dapat segera terealisasi, sesuai dengan janji pemerintah untuk mengatasi banjir. Pasalnya dikhawatirkan banjir rob semakin tinggi dan meluas sehingga mengganggu aktivitas warga dan perekonomian, mengingat Belawan merupakan pintu perekonomian kota Medan dan Sumatera Utara.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini