Gunung Sinabung Muntahkan Abu Vulkanik Sejauh 2.800 Meter

Eben Pinem, iNews · Jum'at 07 Mei 2021 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 608 2407366 gunung-sinabung-muntahkan-abu-vulkanik-sejauh-2-800-meter-yfXYA2kB9y.jpg Gunung Sinabung (Foto: Eben Pinem)

KARO - Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali menunjukan peningkatan aktivitas vuklkanik dengan ditandai telah terjadinya dua kali erupsi hingga Jumat (7/5/2021) petang.

Warga maupun wisatawan diimbau untuk tidak mendekati atau memasuki zona merah yang sudah direkomendasikan pihak PVMBG. Status gunung sendiri masih berada di level III Siaga.

Penyelidik Gunung Api PVMBG Supriati Dea Sriastuti mengatakan, Sinabung kembali bergejolak dengan ditandai telah terjadi dua kali erupsi hingga Jumat petang. Untuk erupsi pertama terjadi pada pukul 05.01 pagi dengan tinggi kolom tidak dapat teramati karena visual Sinabung tertutup kabut.

Baca Juga:  Gunung Sinabung Muntahkan Awan Panas Sejauh 500 Meter

Kemudian, disusul letusan kedua yang terjadi pada pukul 09.08 dengan ketinggian kolom letusan mencapai 2.800 meter, untuk sebaran abu vulkanik sendiri mengarah ke arah timur.

Dengan meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Sinabung ini, pihak PVMBG kembali mengimbau kepada warga maupun wisatawan agar tidak mendekat ataupun memasuki zona merah Gunung Sinabung yang sudah direkomendasikan.

Untuk warga yang terdampak abu vulkanik, pihak PVMBG mengimbau kepada warga untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Baca Juga: Gunung Sinabung Kembali Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 1.000 Meter

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini