Warga Satu Dusun di Tapanuli Utara Positif Covid-19

Aries Fernando Manalu, iNews · Selasa 25 Mei 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 608 2414988 warga-satu-dusun-di-tapanuli-utara-positif-covid-19-k0NEgSrn25.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

TAPANULI UTARA - Warga di satu Dusun Hutagurgur terkonfirmasi positif Covid-19, Desa Aek Tangga, Kecamatan Garoga, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Pantuan di lokasi, warga di dusun terlihat sepi dan tidak melakukan aktifitas sehari-hari.

Selain itu, warga hanya berdiam diri di rumah masing-masing karena pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, terpaksa mengkarantina atau melakukan lockdown kepada warga karena semuanya terkonfirmasi positif Covid-19.

Isolasi mandiri warga dipantau dinas kesehatan atau puskesmas yang bertugas di dusun tersebut. Warga pun selalu diperiksa melalui pengukur suhu tubuh (thermo gun) dan tim medis dari puskesmas garoga selalu memeriksa kesehatan warga Dusun Hutagurgur khsusnya yang berumur lansia.

Warga Dusun Hutagurgur mengikuti peraturan yang dilakukan oleh protokol kesehatan, bahwa mereka tidak diperboleh ke luar daerah lain dan warga harus melarang warga lain masuk ke dusun tersebut.

"Tidak boleh ada yang masik ke sini," ujar Kepala Dusun Hutagurgur, Mangaraja Siregar, Senin 24 Mei 2021.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara akan melihat kalau semakin meningkat jumlah warga yang positif Covid-19, Bupati Tapanuli Utara akan menutup mulai dari tempat ibadah, restoran, dan tempat hiburan.

Saat ini, yang terpapar Covid-19 dan dirawat di RSUD Tarutung berjumlah 400 orang dan yang meninggal dunia sekitar 22 orang mulai dari tahun 2020 sampai 2021.

Baca Juga : Kasus Positif Covid-19 di Lapas Rajabasa Bandarlampung Bertambah 55 Orang

Semua pasien yang ada rumah sakit umum kabupaten daerah yang dirujuk ke RSUD Tarutung. Di mana saat ini yang terpapar positif Covid-19 sekitar 40 orang, dan rata rata dari perkantoran.

Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan mengimbau agar masyarakat tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. "Saya imbau agar warga tetap disiplin protokol kesehatan," kata dia.

Bupati beserta SKPD terkait pun telah melakukan rapat untuk bantuan pokok dan keehatan kepada satu desa di Hutagurgur dan desa Aek Tangga.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini