Terduga Teroris Sempat Datangi Gereja Katedral Merauke pada Malam Paskah

Chanry Andrew S, iNews · Senin 31 Mei 2021 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 340 2418008 terduga-teroris-sempat-datangi-gereja-katedral-merauke-pada-malam-paskah-zMY6Fj3HcV.jpg Kapolres Marauke, AKBP Untung Sangaji (foto: MNC Portal/Chanry Andrew)

MERAUKE - Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri berhasil menangkap 11 terduga teroris di Kabupaten Merauke, Papua.

Dimana sebelumnya, tim Densus 88 telah lebih dulu menangkap 10 orang terduga teroris di empat lokasi berbeda di kabupaten Merauke, Papua, pada Jumat 28 Mei 2021.

Baca juga:  Buru DPO Teroris MIT Poso, Satgas Madago Raya Bentuk 3 Tim

Kapolres Merauke, AKBP Untung Sangaji mengatakan, bahwa para terduga teroris yang diamankan oleh Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri tersebut telah merencanakan sejumlah serangan teror di sejumlah Gereja di Merauke.

Rencana mereka saat ibadah Paskah di Gereja Katedral dan saat Ibadah sholat idul Fitri lalu. Namun sayangnya, rencana jahat para terduga teroris tersebut telah lebih dulu diketahui oleh aparat Kepolisian setempat.

Baca juga:  Densus Kembali Tangkap 1 Terduga Teroris di Merauke, Total 11 Orang

Kata Untung, satu dari sebelas terduga teroris yang diamankan tersebut sempat mendatangi Gereja Katedral di Merauke. Terduga teroris tersebut sempat diterima oleh pastor.

"Rencana mereka sudah lama, tapi yang kemarin juga kan ada yang seperti itu, tapi beruntung kita sudah banjir (tersebar) dimana-mana, untuk melakukan pengamanan. Saat paskah itu (Ibadah Paskah) kita sudah dimana-mana (pengamanan/siaga). Bersamaan saat sholat idul Fitri itu, ada juga rencana mereka, makanya kita tingkatkan pengamanan. Kita jaga di gereja lain lagi," kata Untung, Senin (31/5/2021).

Informasi tersebut, menurut Untung didapatkan langsung dari salah seorang Pastor yang menceritakan bahwa pada saat ibadah paskah lalu. Ada seorang pria dengan membawa tas besar datangi Gereja Katedral saat ibadah paskah yang lalu.

"Karena ada pengakuan satu pastor, tentang kehadiran seseorang dengan membawa tas besar di situ (gereja) dengan jujur, pastor tersebut mempersilahkan duduk, nggak nalar bahwa ini siapa, ini kisahnya benar. Coba waktu itu, kalau yang disasarkan itu datang dan dia meledakkan disitu, kejadian di Gereja Katedral, pria tersebut juga sudah turut diamankan oleh Tim Densus 88," tuturnya.

Menurut Untung, Tim Densus masih terus bekerja untuk mengungkapkan kasus ini. Kemungkinan masih bisa bertambah para terduga teroris.

"Kita minta doa seluruh masyakarat agar tugas ini segera tuntas. Ini tidak main-main, kita aparat keamanan tetap waspada dan meningkatkan pengamanan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini