38 Santri Ponpes Milik Guru Ngaji Jokowi di Solo Positif Covid-19

Septyantoro Aji Nugroho, iNews · Selasa 08 Juni 2021 16:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 512 2422009 38-santri-ponpes-milik-guru-ngaji-jokowi-di-solo-positif-covid-19-RcmOSIAFkh.jpg Bangunan ponpes milik guru ngaji Jokowi. (Foto: Septyantoro)

SOLO - Sebanyak 38 santri pondok pesantren (ponpes) Al-Qur’anniyy Az-Zayadiyy di Solo, Jawa Tengah (Jateng), terpapar Covid-19. Para santri ponpes milik guru ngaji Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sudah dibawa ke Asrama Haji Donohudan Boyolali untuk diisolasi.

Tidak seperti biasanya, ponpes yang berada di Kecamatan Laweyan, Solo itu tampak tertutup rapat, sejak beberapa hari terakhir ini akibat puluhan santrinya positif Covid-19.

Meski demikian, ponpes yang juga tempat mengaji keluarga Jokowi tersebut tidak ditutup, hanya dibatasi kegiatannya.

Baca juga: Posting Pasien Covid-19 Asyik Berjoget, Gubernur Jateng: Lekas Sehat Ya...

Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Solo yang juga Sekretaris Daerah Kota Solo, Ahyani mengatakan, penularan Covid-19 bermula ada salah satu santri pulang dari kampung halaman.

“Sebagian besar santri ponpes tersebut berasal dari luar Solo. Ada satu santri positif Covid-19,” ujar Ahyani, Selasa (8/6/2021).

Setelah adanya temuan tersebut, 65 santri diperiksa dengan Swab PCR karena sempat kontak erat dengan santri yang positif tersebut.

Baca juga: Satgas Covid-19 Wajibkan Seluruh Warga Madura Rapid Antigen

Hasilnya, 37 di antaranya dinyatakan ikut tertular. Sehingga jumlah total santri yang dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 38 orang.

“Santri yang hasil swab test-nya dinyatakan negatif tetap diharuskan melaksanakan isolasi mandiri di dalam ponpes,” tambah Ahyani.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini