Warga Rusak Pos Penyekatan Jembatan Suramadu

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 18 Juni 2021 08:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 519 2427056 warga-rusak-pos-penyekatan-jembatan-suramadu-N8whfZH5a4.jpg Foto: istimewa

JAKARTA - Warga merusak pos penyekatan jembatan Suramadu pada Kamis 17 Mei 2021. Belum diketahui apa penyebab warga nekat melakukan aksi tersebut.

Pengerusakan pos penyekatan ini diketahui dari video yang beredar di masyarakat. Dalam video itu nampak sejumlah warga mengambil paksa KTP mereka lantaran menolak untuk di-swab test antigen.

Sejumlah aparat TNI-Polri pun tampak mencoba menenangkan warga di lokasi. Sementara itu, para tenaga kesehatan (nakes) juga terlihat kewalahan lantaran sikap anarkis warga tersebut.

Pos penyekatan akses Suramadu itu tampak berantakan setelah aksi pengerusakan yang dilakukan pengendara.

Baca juga: 11 Hari Penyekatan, 354 Pengendara di Jembatan Suramadu Positif Covid-19

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pejabat terkait soal pengerusakan pos penyekatan jembatan Suramadu itu.

Baca juga: Duh! Ratusan Pengendara di Jembatan Suramadu Positif Covid-19

Seperti diketahui, penularan Covid-19 dari Bangkalan, Madura, terus bertambah. Penularan yang tak terkendali itu membuat screening atau penyekatan di akses Suramadu sisi Surabaya kembali diperketat. Salah satunya dengan penyekatan dua arah yang dilakukan untuk memutus angka penularan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Pemkab Bangkalan, dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur sepakat untuk menerapkan penyekatan dari kedua arah. Artinya, screening dilakukan di akses Suramadu dari arah Surabaya menuju Bangkalan maupun sebaliknya.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menuturkan, screening di akses Suramadu merupakan bentuk kebersamaan pemerintah daerah di Jawa Timur dalam menekan laju penyebaran Covid-19. Sebab itu, ke depan swab dititikberatkan di sisi Bangkalan kepada pengendara plat M yang akan menuju ke Surabaya melalui Jembatan Suramadu.

"Nanti (swab) yang dari Bangkalan akan dilakukan oleh Bupati Bangkalan. Surabaya nanti membantu ketika yang dari Bangkalan sudah tidak mampu (lolos), yang selain plat M (Madura) kita lakukan (swab)," kata Eri, Kamis 17 Juni 2021.

Ia melanjutkan bahwa nantinya penyekatan juga dilakukan di akses Suramadu yang menuju ke arah Bangkalan. Artinya, swab juga dilakukan kepada pengendara dari arah Surabaya yang akan menuju ke Bangkalan melalui akses Suramadu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini