Covid-19 Melonjak Drastis, Stok Darah PMI di Kota Bandung Habis

Ervand David, iNews · Jum'at 18 Juni 2021 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 525 2427131 covid-19-melonjak-drastis-stok-darah-pmi-di-kota-bandung-habis-7uS9Z2ALjP.jpg Ilustrasi: Okezone

BANDUNG - Palang Merah Indonesia Bandung, kehabisan stok darah saat permintaan plasma darah meningkat. Hal ini membuat PMI tidak bisa menyimpan stok darah untuk bisa disimpan di ruang penyimpanan akibat banyaknya permintaan.

(Baca juga: Gajah Mada-408, Kapal Perang AL yang Gagah Berani Bertempur dengan Kapal Canggih Belanda)

Hal ini disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang membuat pendonor darah berkurang setiap harinya. Akibatnya, masyarakat yang membutuhkan darah harus menunggu beberapa hari untuk mendapatkan stok darah.

Selain itu, dalam satu hari pihak PMI sudah mendapatkan permintaan sebanyak 267 pasien yang membutuhkan stok darah. Sementara pihak PMI dalam satu hari hanya bisa mengumpulkan 20-30 kantong darah.

(Baca juga: Terharu! Secarik Surat Usman Harun dari Penjara Changi Jelang Eksekusi Mati)

Kekosongan stok darah ini sudah terjadi pada awal pandemi tahun lalu. Banyak masyarakat yang ketakutan untuk mendonorkan darah sedangkan permintaan darah selalu melonjak setiap harinya.

“Saya selalu rutin untuk mendonorkan darah, namun saat ini masih banyak juga masyarakat yang membutuhkan darah,” ujar salah satu pendonor darah, Rustandi, Jumat (18/6/2021).

Tingginya permintaan masyarakat untuk stok darah di Kota Bandung membuat PMI Kota Bandung kewalahan. Masyarakat diimbau agar mau untuk mendonorkan darahnya guna mengisi ke kosongan stok darah di PMI.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini