Negara-Negara Ini Kembali Berlakukan Lockdown Gara-Gara Varian Delta

Agregasi VOA, · Minggu 27 Juni 2021 21:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 27 18 2431706 negara-negara-ini-kembali-berlakukan-lockdown-gara-gara-varian-delta-ekLK2eErh0.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Varian delta virus corona menyebabkan Australia, Selandia Baru dan Bangladesh melakukan semacam karantina wilayah atau lockdown, demikian pula beberapa bagian Portugal. Bahkan Israel, dimana lebih dari separuh populasinya telah divaksin, juga memberlakukan lagi mandat masker di tempat-tempat umum dalam ruangan.

Varian yang pertama kali muncul di India itu telah diidentifikasi di sedikitnya 85 negara dan "merupakan varian paling mudah menular sejauh ini ... dan menyebar dengan cepat dalam populasi yang belum divaksin," kata Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Jumat (25/6).

Sydney, kota terbesar di Australia, pada Sabtu (26/6) memulai lockdown dua minggu karena meningkatnya kasus COVID-19.

Varian itu juga menyebabkan lockdown pertama di Sydney sejak Desember. Perintah tinggal di rumah juga akan diberlakukan di wilayah lain di New South Wales, negara bagian paling padat di Australia.

Karena wabah di Australia itu, Selandia Baru menangguhkan perjalanan bebas karantina antara kedua negara itu selama tiga hari.

Pada Senin (28/6), Bangladesh akan memberlakukan lockdown nasional selama seminggu. Masyarakat hanya diperbolehkan meninggalkan rumah untuk alasan medis.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini