Pertama Kalinya Sejak Pandemi Covid-19, AS Rayakan Hari Kemerdekaan ke-245 Secara Meriah

Agregasi VOA, · Senin 05 Juli 2021 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 05 18 2435680 pertama-kalinya-sejak-pandemi-covid-19-as-rayakan-hari-kemerdekaan-ke-245-secara-meriah-Xz8evlWN8Y.jpg Amerika Serikat merayakan Hari Kemerdekaan ke-245 secara meriah (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) merayakan Hari Kemerdekaan ke-245 pada Minggu (4/7). Tahun ini sekaligus merupakan momen dimulainya lagi perayaan oleh banyak keluarga dan masyarakat yang telah terhenti selama lebih dari setahun karena pembatasan terkait virus corona.

Presiden AS Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden mengundang 1.000 petugas tanggap darurat dan personel militer ke Gedung Putih untuk piknik barbekyu dan menyaksikan pertunjukkan kembang api di taman National Mall.

Di New York, 65 ribu selongsong kembang api telah dipersiapkan untuk ditembakkan pada malam hari.

(Baca juga: Ini Daftar Insiden Pesawat Militer Jatuh di Dunia)

Berbagai komunitas besar maupun kecil di seluruh negara itu mengadakan parade dan perayaan masing-masing, diakhiri dengan pesta kembang api. Banyak keluarga berkumpul lagi untuk piknik di halaman dan bertemu dengan teman dan saudara yang belum pernah bertemu selama berbulan-bulan atau lebih lama. Sebagian belum bertemu sejak virus corona merajalela di AS pada Maret 2020.

Banyak bandara penuh dengan pelancong. Asosiasi Otomobil Amerika (American Automobile Association/AAA) mengatakan perjalanan darat pada Minggu (4/7) diperkirakan menjadi yang paling padat untuk hari libur 4 Juli. AAA memperkirakan 43,6 juta warga AS bekendara dengan teman dan keluarga.

(Baca juga: Arab Saudi Setujui Rencana Keamanan Musim Haji 2021)

AS gagal memenuhi target Biden untuk memvaksinasi 70 persen warga dewasa dengan sedikitnya satu dosis vaksin virus corona sebelum 4 Juli. Namun, angka yang dicapai cukup dekat, yaitu 67,1 persen.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini