Biden: Siswa yang Sudah Divaksin Covid-19 Tak Perlu Pakai Masker

Antara, · Jum'at 23 Juli 2021 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 18 2444717 biden-siswa-yang-sudah-divaksin-covid-19-tak-perlu-pakai-masker-5m9OjkAA7k.jpg Presiden AS Joe Biden (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Rabu (21/7) mengatakan Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) kemungkinan akan menyarankan anak-anak yang belum divaksin Covid-19 untuk memakai masker saat kembali bersekolah musim gugur ini usai menghabiskan liburan musim panas.

“CDC akan mengatakan, apa yang harus Anda lakukan adalah setiap orang berusia di bawah 12 tahun harus memakai masker di sekolah. Itulah yang mungkin akan terjadi," kata Biden di balai kota Cincinnati, Ohio, menanggapi pertanyaan orang tua yang khawatir tentang keselamatan anaknya di sekolah.

Namun, Biden menegaskan di depan orang yang telah divaksin penuh, jika aak-anak di atas 12 tahun yang sudah divaksin tidak perlu memakai masker.

"Nanti akan jadi ketat, apakah ayah dan ibu jujur mengatakan bahwa Johnny sudah atau belum divaksin," terangnya.

(Baca juga: Australia Setujui Vaksin Pfizer untuk Anak-Anak Usia 12 - 15 Tahun)

Biden menambahkan bahwa anak-anak berusia di bawah 12 tahun akan diberikan vaksin "segera".

Rekomendasi CDC tidak mengikat dan aturan masker di sekolah akan diputuskan masing-masing distrik. Sejauh ini, beberapa distrik telah mengadopsi aturan yang lebih ketat sementara distrik lainnya tidak menerapkan sama sekali.

Pernyataan Biden muncul saat kasus Covid-19 melonjak di sejumlah negara bagian sementara upaya vaksinasi terhenti akibat skeptisisme dan disinformasi.

Warga AS yang lelah akibat masa penguncian yang panjang menyambut dicabutnya aturan pemakaian masker pada musim semi dan panas tahun ini.

(Baca juga: Ketua Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Resmikan Robot Penyuluhan)

Keharusan memakai masker telah dipolitisasi di awal pandemi, ketika mantan Presiden Donald Trump, dan tokoh Republik lainnya menolak saran dari pejabat kesehatan bahwa masker menghentikan penyebaran virus.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini