Di Tengah 'Lockdown', Australia Capai Rekor Baru Penularan Covid-19

Agregasi VOA, · Jum'at 06 Agustus 2021 11:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 18 2451807 di-tengah-lockdown-australia-capai-rekor-baru-penularan-covid-19-GdTfaNsYNG.jpg Tenaga medis sedang mengumpulkan hasil tes Covid-19 di Sydney, Australia (Foto: AFP via VOA)

AUSTRALIA - Australia terus berjuang melawan perebakan virus corona varian Delta ketika kota terbesarnya, Sydney, melaporkan rekor harian penularan baru dan negara bagian Victoria mengumumkan penutupan wilayah atau lockdown selama satu minggu.

Sydney, yang mendekati minggu ketujuh dari penutupan sembilan minggu, melaporkan 262 kasus penularan baru dan lima kematian dalam 24 jam terakhir.

Sejauh ini kasus dan kematian akibat Covid-19 di Australia relatif sedikit, tetapi tingkat vaksinasi rendah, yaitu hanya sekitar 20 persen orang berusia di atas 16 tahun divaksinasi lengkap.

(Baca juga: Bos Mafia Narkoba Ditangkap Usai Buron 2 Tahun)

Penutupan di Victoria dipicu oleh delapan kasus baru. "Tidak ada pilihan tentang ini. Ini adalah penutupan wilayah yang akan diberlakukan dengan alasan dan tujuan terbaik agar menurunkan jumlah kasus sehingga kami bisa dibuka kembali," kata Perdana Menteri negara bagian Victoria, Daniel Andrews kepada para wartawan di Melbourne.

Tiga kota terbesar di Australia, yaitu Sydney, Melbourne dan Brisbane kini ditutup.

Sebagian pejabat kesehatan mengatakan kepada Reuters, mereka berharap lebih banyak penutupan sampai negara itu mencapai tingkat vaksinasi yang lebih tinggi.

(Baca juga: Dokumen Negara: Wiski Jepang Seharga Rp83 Juta Hilang, Pompeo Mengaku Tidak Terima)

 Sebagian orang khawatir langkah-langkah itu dapat memaksa negara itu ke dalam resesi kedua dalam dua tahun, karena banyak yang tidak bisa bekerja akibat begitu banyak bisnis yang ditutup.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini