BNPB Resmikan Jembatan Kayu Gadang Pariaman

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 20 Agustus 2021 08:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 340 2458237 bnpb-resmikan-jembatan-kayu-gadang-pariaman-jDXNY3rqHn.jpeg Jembatan Kayu Gadang. (Foto: Dok BNPB)

PARIAMAN - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diwakili Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan meninjau sekaligus meresmikan secara langsung Jembatan Kayu Gadang Sikabu di Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (19/8).

Peresmian tersebut dilakukan secara simbolis dengan penandatangan prasasti dan pemotongan pita. Dalam sambutannya, Lilik menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Pariaman yang telah mampu menyelesaikan pembangunan Jembatan Kayu Gadang dengan baik dan tepat waktu.

"Untuk itu, sejalan dengan kebersamaan dalam membangun daerah maka peran aktif dari seluruh komponen dan elemen masyarakat, sangat dibutuhkan dalam memelihara sarana dan prasarana yang telah dibangun ini," pungkas lilik. 

Sementara itu, Bupati Pariaman Suharti Bur menyatakan, dengan dibangunnya kembali Jembatan Kayu Gadang ini dapat memberi akses lebih mudah bagi masyarakat dalam beraktifitas, sehingga dapat berdampak pula pada perkembangan perekonomian warga sekitar agar menjadi lebih baik.

Baca juga: 9 Provinsi Ini Alami Peningkatan Kasus Positif Covid-19

“Alhamdulillah, pucuk dicinto ulam pun tibo, jembatan yang diimpi-impikan masyarakat sudah selesai. Bangunannya sangat bagus dan menjadi ikon baru, khususnya di Lubuk Alung,” ujar bupati.

Pembangunan Jembatan Kayu Gadang di Kecamatan Lubuk Alung telah selesai di bangun pada 2020. Jembatan tersebut merupakan jembatan terpanjang yang ada di Kabupaten Padang Pariaman, yaitu 101,8 meter dan lebar 7 meter. Jembatan ini dibangun dengan biaya dari bantuan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi BNPB sejumlah Rp25,4 miliar.

Pada kesempatan yang sama, Lilik juga tidak lupa mengajak dan mengimbau masyarakat pariaman agar senantiasa menerapkan dan taat terhadap protokol kesehatan dimasa pandemi ini.

“Saya mengajak masyarakat kota pariaman untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan, salah satunya selalu menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dan menjaga jarak atau menghindari kerumunan,” ucap lilik.

Selain meresmikan jembatan, Sekretaris utama BNPB beserta rombongan juga melakukan peninjauan di beberapa titik lokasi akibat bencana yang terjadi di Kota Pariaman, di antaranya meninjau lokasi terputusnya akses jalan di daerah Sungai Buluh Timur di Kecamatan Batang Anai pasca-banjir di Surantiah Hulu, Nagari Lubuk Alung; jembatan ambruk di Nagari Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago; dan meninjau Sungai Irigasi Batang Anai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini