4.222 Gempa Terdeteksi, Pejabat Peringatkan Gunung Berapi Teneguia Berpotensi Meletus

Vanessa Nathania, Okezone · Jum'at 17 September 2021 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 18 2472784 4-222-gempa-terdeteksi-pejabat-peringatkan-gunung-berapi-tenegu-a-berpotensi-meletus-O8RKICWWKH.jpg Gunung Berapi Teneguia di Kepulauan Canary, Spanyol. (Foto: Getty Images)

MADRID – Pejabat di Pulau La Palma, Spanyol telah memperingatkan potensi letusan gunung berapi, setelah Institut Geografi Nasional (IGN) negara itu mendeteksi 'kumpulan 4.222 getaran gempa di dekat Gunung Berapi Teneguía.

Pada Selasa (14/9/2021), pemerintah daerah di Kepulauan Canary mengeluarkan peringatan kuning - peringatan level dua dalam sistem empat level tentang potensi gempa bumi di La Palma. Pada Kamis (16/9/2021), pejabat mengatakan bahwa sementara mereka tidak percaya letusan akan segera terjadi, situasinya dapat berubah dengan cepat.

BACA JUGA: Gunung Berapi Soufriere di Karibia Erupsi, Puluhan Ribu Orang Dievakuasi 

Disebutkan bahwa "gempa bumi yang lebih intens" diperkirakan terjadi "dalam beberapa hari mendatang."

“Kami tidak dapat membuat perkiraan jangka pendek, tetapi semuanya mengindikasikan akan berkembang menjadi gempa bumi berkekuatan lebih besar yang lebih intens dan dirasakan oleh penduduk,” kata Direktur IGN di Kepulauan Canary, María José Blanco memberikan peringatan, sebagaimana dilansir RT.

Pada Kamis, 11 juta meter kubik magma telah "disuntikkan" ke bagian dalam Taman Nasional Cumbre Vieja dekat Gunung Berapi Teneguía, yang menyebabkan tanah naik 6cm pada puncaknya, menurut Institut Vulkanologi Kepulauan Canary.

BACA JUGA: Kobaran Api Raksasa Muncul di Tengah Laut Kaspia, Diduga Ledakan Gunung Berapi 

Gunung berapi tersebut terakhir meletus pada 1971, menyebabkan kerusakan pada bangunan-bangunan sekitar dan pantai di dekatnya, juga menewaskan seorang nelayan. Meskipun daerah padat penduduk dan lokasi wisata di sekitarnya tidak terpengaruh.

Setelah letusan sebelumnya, aktivitas seismik mereda, namun kembali berlanjut pada 2017, dengan beberapa hari terakhir terlihat peningkatan getaran.

Bagian lain dari Kepulauan Canary juga merupakan rumah bagi gunung berapi aktif, termasuk Teide Tenerife, yang belum meletus sejak 1909, dan Timanfaya Lanzarote, yang terakhir meletus pada abad ke-19.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini