Gempa M 6,0 Guncang Lepas Pantai Yunani, Getaran Terasa Hingga Lebanon dan Mesir

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 19 Oktober 2021 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 18 2488622 gempa-m-6-0-guncang-lepas-pantai-yunani-getaran-terasa-hingga-lebanon-dan-mesir-JGzzAWRatu.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

ATHENA - Gempa bumi melanda Pulau Karpathos di Yunani pada Selasa (19/10/2021) pagi, mengguncang kota-kota di seluruh Mediterania timur, kata saksi dan media.

Namun, tidak ada laporan segera tentang korban atau kerusakan besar.

"Benar-benar terasa seperti itu... Berlangsung selama 30 detik," kata seorang saksi di Lindos, Rhodes, dalam sebuah posting di situs web Pusat Seismologi Mediterania Eropa.

BACA JUGA: Pulau Kreta Diguncang Gempa M 6,4, Sejumlah Bangunan Rusak

Getaran itu, yang besarnya diukur oleh Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) pada magnitudo (M) 6,0 dan kedalaman 37,8 km, juga dirasakan di beberapa pulau Yunani lainnya termasuk Kreta dan Santorini, kata TV pemerintah,

Gempa itu juga mengguncang ibu kota Siprus Nikosia, Beirut, Kairo dan kota-kota lain di Mesir, sebagian Israel dan Wilayah Palestina, dan wilayah di sekitar Antalya, Turki selatan, kata saksi mata Reuters.

BACA JUGA: Gempa M 6,5 Guncang Kreta, Yunani

Dua gempa kuat mengguncang Kreta dalam beberapa pekan terakhir, menewaskan satu orang dan merusak bangunan.

Seorang seismolog Yunani mengatakan gempa pada Selasa ini berasal dari patahan Afrika yang berbeda dan diperkirakan tidak ada gempa susulan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini