Share

Sukmawati Menangis saat Jalani Prosesi Pindah Agama Hindu

Mohamad Chusna, Sindonews · Selasa 26 Oktober 2021 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 244 2492019 sukmawati-menangis-saat-jalani-prosesi-pindah-agama-hindu-j67HcfK18t.jpg Sukmawati Soekarnoputri jalani prosesi pindah agama Hindu (Foto : MPI)

DENPASAR - Sukmawati Soekarnoputri telah sah menjadi pemeluk agama Hindu. Dia sempat menangis saat menjalani prosesi Sudhi Wadani di Bale Agung, Singaraja, Bali, Selasa (26/10/2021).

Putri presiden pertama Soekarno itu berurai saat bersembahyang di Pura Merajan Dadia Pasek yang berada di dalam komplek Bale Agung. "Saat bersembahyang, dia menangis, keluar air mata," kata penglingsir Bale Agung, Jro Made Arsana.

Arsana menyaksikan Sukmawati begitu khusyuk saat pertama kali bersembahyang setelah sah menjadi umat Hindu. Mungkin karena kekhusyukan itu, hati Sukmawati menjadi tersentuh.

Saat bersembahyang, Sukmawati juga terlihat menarikan jari kedua tangannya. "Menurut pandita (pemimpin ritual), roh keluarganya hadir di situ dan menyaksikan," imbuh Arsana.

Dia menjelaskan, prosesi yang berlangsung empat jam itu berjalan lancar. Mulai dari pembacaan sumpah memeluk Hindu yang digelar di Bale Sangkepan Pasek Bale Agung.

Baca Juga : Pindah Hindu, Sukmawati Soekarnoputri Mandi Air Laut di Pantai Lovina

Mengenakan kebaya warna putih, Sukmawati mengucapkan sumpah disaksikan oleh Bendesa Adat Buleleng, Lurah Paket Agung dan keluarga besar Bale Agung. Usai bersumpah, adik Megawati Soekarnoputri itu lalu menandatangani surat pernyataan yang berisi ikrar kesetiaan masuk Hindu.

Prosesi kemudian dilanjutkan dengan metatah atau potong gigi di Bale Gede. Tempat ini dulunya merupakan rumah asli Ida Ayu Nyoman Rai Srimben, ayah Soekarno tinggal dari kecil sampai gadis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini