Kementan Salurkan Bantuan Alsintan saat Peringatan Hari Pangan Dunia di Langkat

Agustina Wulandari , Okezone · Kamis 28 Oktober 2021 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 1 2493003 kementan-salurkan-bantuan-alsintan-saat-peringatan-hari-pangan-dunia-di-langkat-sZ4ttdMDex.jpg Kementan memberikan bantuan alsintan di Kabupaten Langkat. (Foto: Dok.Kementan)

SUMATERA UTARA - Kementerian Pertanian melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) berupa traktor roda empat saat Panen Raya Padi dan Peringatan Hari Pangan Dunia ke-41 di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Selasa (26/10/2021).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengatakan, pemanfaatan alsintan untuk pertanian harus dilakukan. "Untuk mendukung produktivitas, alsintan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Karena dengan cara itu, kita bisa menjaga ketahanan pangan," katanya.

Baca Juga: Soal Pangan, Mentan: Mau Sampai Kapan Indonesia Bergantung pada Negara Lain?

Kegiatan Panen Raya dan Peringatan Hari Pangan Dunia di Langkat, dihadiri Ditjen PSP Ali Jamil, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah, Bupati dan Wakil Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin dan H. Syah Afandin, SH.

Dirjen PSP Kementerian Pertanian Ali Jamil, mengatakan, alsintan ini diharapkan bisa membantu meningkatkan indeks pertanaman (IP). "Mudah-mudahan IP 4 atau 4 kali tanam dalam setahun bisa terealisasi di lahan Langkat ini. Supaya ketahanan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia bisa terpenuhi," katanya.

Ali menambahkan, Sumut surplus berkat penanaman padi. Oleh sebab itu, kalau sudah fokus di padi, Ali berharap penanaman padi lebih dimaksimalkan.

"Kementan akan bantu aksesibilitas KUR agar petani makin semangat dan makin produktif. KUR kita sudah hampir Rp70 triliun," tuturnya.

Ali mengatakan, pertanian itu sektor yang menjanjikan. Bunga 6 persen pun dirasa ringan jika melihat potensi hasil tani di Sumut ini yang sangat bagus.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, mengucapkan syukur tanah Sumut dikaruniai panen raya, tanah yang subur serta lahan yang luas. "Saya harap petani Sumut, khususnya Langkat, terus semangat dan produktif agar panen raya kedepannya lebih maksimal lagi," katanya.

Edy juga berharap 3 kali musim tanam saat ini, bisa maksimal jadi 4 kali musim tanam agar hasil panen maksimal. "Selain semangat petani, peran serta bibit atau benih unggulan sangat berpengaruh pada hasil panen kedepannya serta mengutamakan pupuk organik," ucapnya.

CM

(Wul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini