MUI: Pinjaman Online Haram dan Dosa Besar, Uangnya Tidak Berkah!

Hari Tambayong, iNews · Kamis 28 Oktober 2021 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 519 2493045 mui-pinjaman-online-haram-dan-dosa-besar-uangnya-tidak-berkah-GB95m6zp0s.jpg Polisi gerebek kantor pinjol/ dok polri

SURABAYA- Kasus pinjaman online yang membuat masyarakat terjebak dalam proses hutang / mendapat sorotan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur.

(Baca juga: Resahkan Masyarakat, Polres Metro Jakpus Gerebek Sindikat Pinjol Ilegal)

Ketua Umum MUI Jawa Timur, Kiai Mutawakkil Alallah, menyatakan bahwa hukum pinjaman online ilegal ini adalah haram dan dosa besar, lantaran adanya unsur penipuan di dalamnya.

“Tidak sedikit orang yang terpaksa melakukan pinjaman online ilegal ini, justru merugi bukannya untung. Karena bunga yang dikenakan sangatlah tinggi,” ujarnya usai menghadiri rapat evaluasi kinerja MUI di Surabaya.

(Baca juga: Kelola 4 Aplikasi, 4 Collector Pinjol Ilegal Ditangkap di Kos-Kosan Cengkareng)

Sementara itu, terkait uang yang didapatkan dari hasil pinjaman online ilegal ini, tidaklah berkah. Karena dalam akad pinjamnya sudah menyalahi aturan yang ada, bahkan juga tak dibenarkan oleh undang undang yang berlaku di Indonesia.“Tidak ada sejarah orang yang beruntung melalui pinjaman itu, yang rugi iya,” tegasnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan seluruh jajarannya untuk menindak tegas penyelenggara pinjaman online (pinjol) ilegal yang banyak merugikan masyarakat.Polisi pun bergerak cepat dan menggerebek puluhan kantor pinjol ilegal di seluruh Indonesia.

(fmi)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini