Share

WHO: Ada Skandal dalam Kesenjangan Vaksin Covid-19 Global

Antara, · Minggu 14 November 2021 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 14 18 2501574 who-ada-skandal-dalam-kesenjangan-vaksin-covid-19-global-soerlOXhOV.jpg Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: Antara/Reuters)

ANKARADirektur Jenderal (Dirjen) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Jumat (12/11) mengatakan bahwa kesenjangan dalam distribusi dan akses vaksin Covid-19 di seluruh dunia "menjadi sebuah skandal yang harus dihentikan sekarang."

"Setiap hari ada enam kali lipat (vaksin) booster yang diberikan secara global dibanding dosis pertama di negara-negara berpenghasilan rendah," kata Tedros saat konferensi pers, Jumat (12/11).

Menurut data WHO terkini, kesenjangan global paling terlihat ada di Afrika, yang baru 6 persen dari populasinya mendapatkan vaksin lengkap.

 Baca juga: WHO: Eropa Pusat Pandemi Covid-19 Meskipun Persediaan Vaksin Banyak

WHO juga sedang bergelut dengan krisis Covid-19 baru di Eropa. Hampir 2 juta kasus baru tercatat dalam sepekan terakhir, sehingga menjadi catatan yang tertinggi dalam sepekan sejak awal pandemi di benua tersebut.

Badan kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa itu berencana memvaksin 40 persen populasi di setiap negara hingga akhir 2021. Namun, pihaknya menyebutkan bahwa perlu 550 juta dosis tambahan untuk memenuhi target tersebut.

 Baca juga: WHO: Eropa Jadi Episentrum Pandemi Covid-19

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(sst)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini