Share

Ulama Ditembak Mati, Dituduh Miliki Hubungan dengan Jihadis

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 19 November 2021 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 18 2504288 ulama-ditembak-mati-dituduh-miliki-hubungan-dengan-jihadis-764evE0vVW.jpg Ledakan bom bunuh diri di Uganda (Foto: AFP)

UGANDA - Pasukan keamanan di Uganda telah menembak mati seorang ulama  yang dituduh bekerja dengan kelompok bersenjata yang terkait dengan bom bunuh diri di ibu kota Kampala.

Para pejabat mengatakan Sheikh Muhammad Abas Kirevu telah direkrut sebagai bagian dari jaringan yang dijalankan oleh Pasukan Demokrat Sekutu (ADF) - pemberontak yang telah berjanji setia kepada kelompok Negara Islam. Dia dibunuh di luar Kampala.

Sedikitnya empat orang tewas oleh penyerang sepeda motor yang meledakkan diri di kota itu pada Selasa (16/11). Lebih dari 30 lainnya terluka dalam serangan itu dan ISIS dituduh sebagai orang yang bertanggung jawab. Para pejabat juga menyalahkan ADF.

Baca juga:  Tiga Ledakan Bom Bunuh Diri Guncang Ibu Kota Uganda, ISIS Klaim Bertanggung Jawab

ADF militan Islam dibentuk di Uganda pada 1990-an tetapi sekarang berbasis di Republik Demokratik Kongo. Sejak berjanji setia kepada ISIS pada 2019, mereka semakin banyak melakukan serangan atas nama kelompok.

Dua puluh satu orang telah ditangkap sejak serangan pada Selasa (16/11). Polisi menyebut ini sebagai pembongkaran jaringan teroris ADF di Kampala dan di seluruh negeri.

 Baca juga: 200 Narapidana Kabur dari Penjara Uganda Bawa Senjata dan Amunisi

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Juru bicara polisi Fred Enanga mengatakan 13 tersangka, termasuk beberapa anak-anak, dicegat ketika mencoba menyeberangi perbatasan ke DR Kongo.

Pada Rabu (17/11), empat tersangka operasi ADF tewas di dekat perbatasan.

Perburuan juga sedang dilakukan mengejar ulama lain, Sheikh Suleiman Nsubuga. Dia dituduh melatih teroris, meradikalisasi calon rekrutan, dan menyediakan bahan untuk membuat alat peledak improvisasi.

Serangan pada Selasa (16/11) adalah yang terbaru dalam sejumlah ledakan bom baru-baru ini di Kampala. Pengeboman ini menandai serangan terbesar yang dikaitkan dengan ADF di Uganda sejak menjalin hubungan dengan ISIS.

Bulan lalu, seorang pelayan berusia 20 tahun tewas setelah sebuah perangkat, tertinggal di tas belanja, diledakkan di sebuah bar di kota. Beberapa hari kemudian beberapa orang terluka ketika seorang pengebom bunuh diri meledakkan dirinya di sebuah bus dekat Kampala. Polisi mengatakan keduanya terkait dengan ADF.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini