Gelombang Tinggi Hantam Pesisir Pantai Manado, Bikin Parkiran Mal Kebanjiran

Subhan Sabu, Okezone · Selasa 07 Desember 2021 22:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 340 2513570 gelombang-tinggi-hantam-pesisir-pantai-manado-bikin-parkiran-mal-kebanjiran-ZNzctjfESn.png Gelombang tinggi hantam pesisir pantai Manado hingga parkiran mal kebanjiran (foto: tangkapan layar)

MANADO - Gelombang tinggi sekitar tiga sampai empat meter menghantam pesisir pantai teluk Manado. Air masuk sampai ke parkiran pusat perbelanjaan yang berada di pesisir pantai seperti Manado Town Square (Mantos) dan Kawasan Megamas.

Gelombang tinggi tersebut terjadi sejak pukul 17.00 WITA. Di parkiran Mantos air menghantam beberapa kendaraan yang di parkir di kawasan tersebut.

Baca juga:  BMKG: Waspada Gelombang Sangat Tinggi hingga 6 Meter di Kepulauan Natuna dan Papua

Sementara di Kawasan Megamas gelombang pasang masih tinggi dan air masih menggenangi jalan sehingga pintu masuk ke kawasan di tutup sementara.

Arfan, salah seorang nelayan di kawasan megamas mengatakan cuaca buruk sudah terjadi sejak tiga minggu terakhir, dan memasuki bulan ke empat, ombak semakin tinggi.

"Ketinggian ombak di sini empat sampai lima meter, kami belum bisa melaut, terpaksa perahu dinaikkan sampai ke darat, karena dermaga sudah tidak bisa dipakai lagi, sudah hancur," kata Arfan, Selasa (7/12/2012).

BMKG sendiri merilis fase bulan baru yang bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) dan peningkatan gelombang laut berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan.

Baca juga:  BMKG Beberkan 7 Wilayah yang Bakal Terdampak Gelombang Tinggi Ekstrem

Berdasarkan pantauan data water level, prediksi pasang surut, dan model Gelombang Laut - Ocean Forecast System, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di wilayah pesisir Sulawesi Utara dan Gorontalo pada tanggal 6 – 9 Desember 2021, diantaranya Pesisir Utara Sulawesi Utara, Pesisir Utara Gorontalo, Pesisir Sitaro, Pesisir Sangihe dan Pesisir Talaud.

Potensi banjir pesisir (rob) diprediksi berlangsung dengan waktu yang berbeda ditiap wilayah. Kondisi ini secara umum dapat menggangu aktifitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta perikanan darat.

Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari Pasang Maksimum Air Laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini