Olaf Scholz Terpilih Sebagai Kanselir Baru Jerman

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 09 Desember 2021 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 18 2514264 olaf-scholz-terpilih-sebagai-kanselir-baru-jerman-HToZNY2pM3.jpg Kanselir Jerman Olaf Scholz berpidato menyampaikan perpisahan dengan pendahulunya Angela Merkel di Kantor Kekanseliran, Berlin, Jerman, 8 Desember 2021. (Foto: Reuters)

BERLIN - Olaf Scholz dari Partai Sosial Demokrat (SDP) terpilih menjadi kanselir baru Jerman pada Rabu (8/12/2021), mengakhiri 16 tahun pemerintahan konservatif di bawah Angela Merkel. Scholz dan koalisi tiga partainya telah berjanji meningkatkan investasi hijau dan memperkuat integrasi Eropa.

Pria berusia 63 tahun yang sebelumnya menjabat sebagai wakil kanselir dan menteri keuangan Jerman itu memenangi mayoritas 395 suara dari anggota parlemen di majelis rendah untuk terpilih sebagai Kanselir baru.

BACA JUGA: 3 Partai Jerman Bentuk Koalisi Pemerintahan Baru, Akhiri Era Angela Merkel

Setelah secara resmi dicalonkan oleh Presiden Frank-Walter Steinmeier di dekat Istana Bellevue, Scholz kembali ke gedung Reichstag yang bersejarah di jantung ibukota Jerman untuk mengambil sumpah jabatan di depan anggota parlemen dan menjadi kanselir kesembilan Jerman sejak akhir Dunia Perang II.

Merkel secara resmi menyerahkan jabatan Kanselir kepada Scholz dan menyampaikan harapan untuk penerusnya itu agar “tetap teguh” di saat Jerman menghadapi gelombang keempat infeksi virus corona.

BACA JUGA: Jerman Pilih Ketua Parlemen Baru, Merkel Mundur dari Kanselir

Dalam pidato singkatnya, Scholz memuji Merkel sebagai kanselir yang hebat dan berterima kasih padanya untuk hubungan yang dekat dan saling percaya selama beberapa tahun terakhir, demikian diwartakan Reuters.

Dia akan memimpin koalisi tripartit, tiga partai, yang belum pernah terjadi sebelumnya antara Partai Hijau, SDP, dan Partai Demokrat Bebas libertarian (FDP).

Scholz adalah negosiator berpengalaman dan politikus veteran . Sebagai sekretaris jenderal Partai SPD dari 2002 hingga 2004, Scholz membela reformasi pasar tenaga kerja yang disengketakan dan pemotongan kesejahteraan sosial di bawah Kanselir Gerhard Schroeder saat itu.

Sebagai menteri tenaga kerja 2007-2009 dalam koalisi berkuasa pertama Merkel, Scholz mendorong skema kerja jangka pendek yang membantu melindungi jutaan pekerja dari dampak krisis keuangan global.

Setelah menjadi wali kota Hamburg dari 2011-2018, Scholz kembali ke Berlin sebagai menteri keuangan Merkel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini