Share

Putri Belanda Gelar Pesta Ulang Tahun ke-18 di tengah Pandemi Covid-19, Tuai Kecaman

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 17 Desember 2021 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 18 2518510 putri-belanda-gelar-pesta-ulang-tahun-ke-18-di-tengah-pandemi-covid-19-tuai-kecaman-ai1wBmmwKR.jpg Putri Amalia (Foto: Reuters)

BELANDA - Keluarga kerajaan Belanda dilaporkan mengadakan pesta di luar ruangan untuk ulang tahun ke-18 Putri Amalia pada akhir pekan yang melanggar pedoman Covid-19 pemerintah.

Raja Willem-Alexander mengakui hal itu tidak benar dilakukan di tengah kondisi pandemi. Menurut surat yang dikirim oleh Perdana Menteri Mark Rutte ke parlemen Belanda, tertanggal Kamis (16/12), para bangsawan menjamu 21 orang di taman dekat istana kerajaan pada Sabtu (11/12).

Juru bicara pemerintah kepada CNN mengatakan taman itu dianggap sebagai bagian dari rumah pribadi keluarga kerajaan.

Menurut surat Rutte kepada Parlemen, semua tamu diminta untuk mengikuti tes, divaksinasi, dan menjaga jarak sosial.

Baca juga: Ahli Waris Takhta Kerajaan Belanda Rayakan Ultah ke-18 Secara Sederhana

"Raja memberitahu saya bahwa pada pemeriksaan lebih dekat tidak benar untuk mengatur ini," kata Rutte dalam surat itu.

"Saya pikir itu respons yang masuk akal,” lanjutnya.

Baca juga: PM Belanda Putri Mahkota Bisa Menikah dengan Wanita dan Menjadi Ratu

Rutte mengatakan perayaan ulang tahun awal dibatalkan karena situasi virus corona, tetapi pertemuan pada Sabtu (11/12) diadakan pada "menit terakhir.”

Pesta ini digelar tidak sesuai dengan rekomendasi pemerintah jika orang-orang di Belanda tidak boleh memiliki lebih dari empat pengunjung berusia di atas 13 tahun di rumah mereka per hari.

Terkait pelanggaran kerajaan Covid, anggota parlemen Eva van Esch dari "Partai untuk Hewan" (Partij voor de Dieren) menekankan bahwa aturan berlaku untuk semua orang.

"Memberikan contoh yang baik sangat penting bagi orang-orang di Belanda untuk mematuhi langkah-langkah, yang tampaknya tidak terjadi di sini," kata van Esch dalam sebuah pernyataan.

"Saya mengerti bahwa merayakan ulang tahun Anda yang ke-18 adalah tonggak sejarah, tetapi anak-anak berusia 18 tahun lainnya juga tidak bisa mengadakan pesta,” lanjutnya.

Diketahui, Belanda saat ini berada dalam status waspada Covid-19 level tiga, yang berarti sistem perawatan kesehatan menghadapi tekanan "serius". Varian Omicron diharapkan melampaui Delta "dalam beberapa minggu mendatang."

Akibatnya, mereka memutuskan untuk memperpanjang pembatasan, termasuk menutup restoran, bar, dan toko-toko yang tidak penting pada pukul 5 sore, hingga 14 Januari 2022. Orang-orang juga diimbau untuk tinggal di rumah sebanyak mungkin.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini