Share

Viga: Respons PANDAWA Cepat dan Memuaskan

Agustina Wulandari , Okezone · Rabu 29 Desember 2021 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 29 1 2524514 viga-respons-pandawa-cepat-dan-memuaskan-ggNKOdK4cM.jpeg Ilustrasi. (Foto: Dok.BPJS Kesehatan)

SORONG – Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp atau PANDAWA dari BPJS Kesehatan membawa angin segar bagi peserta JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) di masa pandemi Covid-19 ini. Bukan tanpa alasan, peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir berkerumun mengantre di kantor BPJS Kesehatan karena telah disediakan pelayanan elektronik seperti aplikasi Mobile JKN dan PANDAWA.

“Untuk melakukan perubahan fasilitas kesehatan, saya hanya perlu chatting ke nomor PANDAWA Sorong dan langsung diproses. Responsnya cepat, yang penting ikuti arahan dan lengkap persyaratannya. Selain itu, penjelasan petugasnya detail dan ramah, tidak perlu mengantre lagi,” ujar Viga Isnanda, salah satu peserta JKN-KIS yang memanfaatkan PANDAWA, Senin (13/12).

Baca Juga: Jalin Kolaborasi Pemanfaatan Big Data JKN, BPJS Kesehatan Luncurkan Data Sampel 2015-2020

Sembari menceritakan pengalamannya, Viga mengaku akan terus memanfaatkan pelayanan tersebut untuk kepengurusan JKN-KIS ia dan keluarga. Menurutnya pelayanan elektronik dari BPJS Kesehatan ini sangat memberikan manfaat dan kemudahan bagi peserta JKN-KIS.

“Keperluan administrasi JKN-KIS kini dari rumah bisa dari Whatsapp saja. Hanya perlu chat dan siapkan persyaratannya, langsung selesai,” ujarnya.

PANDAWA sendiri dihadirkan bagi peserta JKN-KIS untuk mengakses layanan administrasi seperti pendaftaran peserta baru, tambah anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, perubahan jenis kepesertaan, perubahan data identitas, perubahan data golongan dan gaji, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda dan pengaktifan kembali kartu.

Ia berharap PANDAWA ke depannya dapat terus ada bukan hanya di masa pandemi saja, agar pelayanan BPJS Kesehatan dapat dirasakan kemudahannya oleh seluruh pesertanya. Di akhir perbincangan, Viga juga mendapatkan informasi terkait penggunaan aplikasi Mobile JKN dari petugas BPJS Kesehatan. Ia pun mengapresiasi aplikasi Mobile JKN tersebut karena menurutnya akan semakin mempermudah peserta JKN-KIS dalam mengakses layanan administrasi maupun layanan kesehatan melalui smartphone masing-masing.

Untuk mendapatkan nomor WhatsApp PANDAWA, peserta bisa mengakses Layanan CHIKA melalui WhatsApp ke nomor 08118750400, Facebook Messenger BPJS Kesehatan, atau melalui Telegram ke (http://t.me/Chika_BPJSKesehatan_bot).

Untuk mendapatkan nomor PANDAWA pada CHIKA, peserta bisa memilih menu “Layanan Administrasi” pada CHIKA, lalu pilih wilayah Anda dan pilih layanan admnistrasi apa yang Anda butuhkan. Lalu, CHIKA akan memberikan nomor WhatsApp PANDAWA Kantor Cabang wilayah Anda. Setelah itu, Anda tinggal chat ke nomor WhatsApp PANDAWA dengan format yang telah diberikan oleh CHIKA.

Melalui PANDAWA, peserta bisa mendapatkan pelayanan seperti:

A. Daftar Baru

B. Tambah Anggota Keluarga

C. Daftar Bayi Baru Lahir

D. Ubah Jenis Kepesertaan

E. Ubah Data Identitas

F. Ubah Data Golongan & Gaji

G. Ubah Faskes Tingkat Pertama (FKTP)

H. Penonaktifan Peserta Meninggal

I. Perbaikan Data Ganda

J. Pengaktifan Kembali Kartu

Layanan ini beroperasi setiap hari Senin-Jumat, pukul 08.00-15.00 waktu setempat.

CM

(Wul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini