Share

Buron Hampir 20 Tahun. Bos Mafia Tertangkap Berkat Foto Google Maps

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 07 Januari 2022 08:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 18 2528647 buron-hampir-20-tahun-bos-mafia-tertangkap-berkat-foto-google-maps-9DYJiUoJ4X.jpg Foto: Reuters.

ROMA – Otoritas anti-mafia Italia berhasil berhasil mengungkap lokasi persembunyian anggota kelompok Stidda Mafia Sisilia yang melarikan diri dari penjara Roma pada 2002. Lokasi Gioacchino Gamino ditemukan berkat gambar dari Google Street View yang memberi tahu pihak berwenang akan keberadaannya.

Gamino divonis penjara seumur hidup karena pembunuhan dan kejahatan terkait Mafia lainnya pada 1998, dan telah masuk dalam daftar penjahat paling dicari di Italia. Dia lolos dari penjara tiga tahun kemudian, selama pembuatan film.

BACA JUGA: Pengadilan Mafia Terbesar di Italia Dimulai, 70 Anggota 'Ndrangheta Didakwa

Dia berhasil ditangkap di Kota Galapagar, dekat ibu kota Spanyol, Madrid, tempat dia tinggal, bekerja sebagai koki, dan menjalankan toko sayur, dengan menggunakan nama Manuel.

Polisi di Sisilia telah mencari pria berusia 61 tahun itu selama beberapa tahun, dan surat perintah penangkapan Eropa telah dikeluarkan pada 2014. Namun, gambar dari Google Street View-lah yang akhirnya memungkinkan pihak berwenang untuk menemukan lokasi spesifik Gamino.

BACA JUGA: Sipir Wanita Ini Berhubungan Intim dengan Mafia yang Ditakuti di Penjara

Alat navigasi Google itu menangkap gambar dua pria yang sedang mengobrol di luar El Huerto de Manu, Taman Manu, toko milik ‘Manuel’, dan petugas mencatat bahwa salah satu dari mereka sangat mirip dengan Gamino. Bos Mafia itu diidentifikasi lebih lanjut dengan bekas luka di sisi kiri dagunya yang terlihat dalam foto di halaman Facebook restoran lokal.

Meskipun Gamino ditahan pada 17 Desember, penangkapannya tidak dipublikasikan sampai dilaporkan oleh harian La Repubblica Italia pada Rabu (5/1/2022).

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

“Ada banyak penyelidikan sebelumnya dan panjang yang membawa kami ke Spanyol. Kami berada di jalur yang baik, dengan Google Maps membantu mengonfirmasi penyelidikan kami," kata jaksa Palermo Francesco Lo Voi kepada media Italia sebagaimana dilansir RT.

Menurut laporan lokal, setelah penangkapannya, Gamino, yang tampaknya mengira dia telah berhasil memutuskan semua hubungan dengan masa lalunya, bertanya kepada pihak berwenang, “Bagaimana Anda menemukan saya? Saya bahkan belum menelepon keluarga saya selama 10 tahun!”

Gamino saat ini dalam tahanan Spanyol, dengan polisi Italia berharap untuk mengekstradisi dia untuk menghadapi hukumannya pada akhir Februari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini