Share

Pengadilan Mafia Terbesar di Italia Dimulai, 70 Anggota 'Ndrangheta Didakwa

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 08 November 2021 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 18 2498330 pengadilan-mafia-terbesar-di-italia-dimulai-70-anggota-ndrangheta-didakwa-FSv4MZ6Nfo.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

PALERMO - Pengadilan Italia telah mendakwa 70 anggota kelompok mafia kuat, 'Ndrangheta, dalam tahap pertama persidangan mafia terbesar dalam beberapa dekade. Terdakwa menghadapi dakwaan termasuk percobaan pembunuhan dan pemerasan.

Selama dua tahun ke depan, 355 tersangka mafia dan pejabat korup akan menghadapi pengadilan atas keterlibatan mereka dengan kelompok kejahatan terorganisir terkaya dan terkuat di Italia.

BACA JUGA: Mengaku Gay, Pembunuh Bayaran Mafia Dihabisi Saudaranya Sendiri karena Dianggap Aib

Ratusan pengacara dan hampir seribu saksi terlibat.

"Persidangan maxi" pada Sabtu (6/11/2021) berlangsung di balik pintu tertutup di ruang sidang yang diubah secara khusus di Kota Lamezia Terme, Calabria.

Terdakwa telah memilih untuk pengadilan cepat yang memungkinkan mereka untuk memiliki hukuman mereka dikurangi sepertiga jika terbukti bersalah. Hakim menjatuhkan enam dari mereka yang dihukum dengan hukuman maksimum 20 tahun yang diminta jaksa.

21 terdakwa lainnya dibebaskan.

BACA JUGA: Tolak Bantu Tetangga yang Miliki Hubungan dengan Klan Mafia, Wanita Ini Dibunuh dan Dijadikan Makanan Babi

'Ndrangheta adalah jaringan kriminal luas yang terdiri dari sekitar 150 keluarga. Persidangan ini hanya menargetkan salah satunya, yaitu Keluarga Mancuso.

Lembar dakwaan yang panjang mencakup serangkaian dakwaan narkoba, pembunuhan, percobaan pembunuhan, pemerasan, rentenir, pengungkapan rahasia resmi dan penyalahgunaan jabatan.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Bos Keluarga Mancuso, Luigi Mancuso, (67 tahun) dan mantan senator Giancarlo Pitteli, (68 tahun), yang dituduh jaksa sebagai rekan dekatnya, akan menghadapi persidangan pengadilan yang lebih lama di kemudian hari.

Penuntutan kasus ini dipimpin oleh Nicola Gratteri, salah satu kepala jaksa anti-mafia yang paling dihormati di Italia. Dia telah menghabiskan beberapa dekade menangani geng kejahatan Italia dan sebagai akibatnya telah hidup di bawah perlindungan polisi selama lebih dari 30 tahun.

Gratteri bersumpah awal tahun ini untuk menjatuhkan Ndrangheta dan mengatakan kepada wartawan bahwa pembacaan vonis pada Sabtu telah "berjalan dengan sangat baik".

Mafia 'Ndrangheta menjadi terkenal setelah pengadilan maxi akhir 1980-an, yang secara signifikan melemahkan keluarga mafia Cosa Nostra Sisilia. 'Ndrangheta terlibat dalam berbagai kegiatan ilegal, tetapi mengkhususkan diri dalam perdagangan kokain dan diyakini menguasai sekitar 80% perdagangan Eropa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini