Share

Badai Salju Hantam Yunani, Ribuan Pengendara Terdampar di Jalanan

Susi Susanti, Okezone · Rabu 26 Januari 2022 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 18 2538140 badai-salju-hantam-yunani-ribuan-pengendara-terdampar-di-jalanan-SPbIDiCsK0.jpg Badai salju hantam Yunani, ribuan pengendara terdampar di jalanan (Foto: Reuters)

ATHENA - Ribuan pengendara yang terdampar di jalan raya di sekitar ibu kota Yunani, Athena, telah diselamatkan semalam setelah badai salju parah melanda wilayah Mediterania.

Lebih dari 3.500 orang diselamatkan pada Senin (24/1), tetapi sekitar 300 pengemudi tetap berada di jalan raya Attiki Odos semalam.

Beberapa bagian Athena juga dilanda pemadaman listrik besar-besaran dan operator jaringan bekerja untuk memulihkan listrik.

Pihak berwenang mengatakan badai, bernama Elpida, akan bertahan hingga Rabu (26/1).

 Baca juga: Ratusan Pengendara Mobil Terjebak Salju Tebal di Jalan Raya

Suhu semalam anjlok hingga minus 14 derajat Celcius. Juru bicara pemerintah Giannis Oikonomou mengatakan kepada wartawan bahwa negara itu tetap dalam fase yang sangat sulit, karena perkiraan menunjukkan Yunani akan menghadapi kesulitan lagi dalam beberapa saat.

Dia juga membela evakuasi lambat pengendara yang terjebak di jalan raya dalam menghadapi kritik dari beberapa orang Yunani di media sosial. Dia mengatakan upaya evakuasi manusia super sedang berlangsung.

 BACA JUGA:Badai Salju Terjang Pantai Timur AS, Ribuan Penerbangan Dibatalkan

Menteri Lingkungan Christos Stylianides berusaha menyalahkan perusahaan pengelola jalan raya atas kekacauan itu. Dia mengatakan mereka gagal menjaga kondisi lalu lintas normal meskipun sebelumnya telah berjanji bahwa mereka akan mengambil tindakan yang memadai untuk melakukannya.

Sementara itu, para pejabat di Athena menyatakan Selasa (25/1) sebagai hari libur umum. Kantor-kantor publik tutup dan semua bisnis swasta di kota itu, kecuali supermarket, apotek dan pom bensin, diperintahkan untuk tutup.

Mobil pribadi juga telah didesak untuk menjauh dari jalanan dan Acropolis yang ikonik di kota itu tertutup salju.

Lima belas orang dilaporkan terluka di Yunani tengah setelah sebuah kendaraan transportasi kereta api mencoba menyelamatkan sebuah kereta penumpang yang membawa sekitar 200 penumpang yang dihentikan oleh salju tebal.

Negara tetangga Turki juga dilanda cuaca buruk, dengan salju setebal 31 inci turun di beberapa bagian negara itu.

Bandara Istanbul, salah satu yang terbesar di dunia, ditutup oleh pihak berwenang pada Senin (24/1) setelah landasan pacu terkubur di bawah selimut salju tebal dan atap salah satu terminal kargo runtuh akibat salju tebal.

Seorang juru bicara bandara mengatakan kepada wartawan bahwa penerbangan terbatas telah dimulai kembali sekitar pukul 13:00 waktu setempat (10:00 GMT) pada Selasa (25/1) setelah penundaan selama 22 jam. Juru bicara itu menambahkan bahwa jadwal penuh diperkirakan tidak akan dilanjutkan sampai sekitar tengah malam.

Sementara itu, beberapa penumpang yang terdampar di bandara sudah mulai menuntut kamar hotel setelah bermalam di bandara. Beberapa video media sosial menunjukkan polisi anti huru hara tiba di bandara di tengah tuntutan.

Di tempat lain, sekitar 4.600 orang terdampar di jalan raya di seluruh negeri. Pantai di selatan kota Antalya telah melihat salju untuk pertama kalinya dalam 29 tahun.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini