Share

Kisah Kecelakaan Kereta Api Mengerikan yang Bawa 1.000 Turis

Susi Susanti, Okezone · Kamis 03 Februari 2022 03:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 02 18 2541132 kisah-kecelakaan-kereta-api-mengerikan-yang-bawa-1-000-turis-0JZ4oPU4al.jpg Kisah kecelakaan kereta api terburuk di Argentina (Foto: Wikipedia)

ARGENTINA - Argentina menyaksikan kecelakaan kereta api terburuk ketika sebuah kendaraan besar jarak jauh menabrak bagian belakang kereta penumpang yang membawa lebih dari 1.000 turis.

Kecelakaan mengerikan menewaskan 236 orang dan 500 orang terluka saat satu kereta menabrak kereta lain dalam bencana kereta api terburuk yang pernah terjadi di Argentina.

Beberapa berhasil melompat menyelamatkan hidup. Tetapi lebih dari setengah dari mereka yang berada di kereta 10 gerbong yang bepergian melalui BenavĂ­dez pada 1 Februari 1970, tidak seberuntung itu.

Kereta penumpang yang dijuluki 'El Zarateño' membawa 1.090 orang ketika berangkat ke Retiro, Buenos Aires pada pukul 18:48.

Baca juga:  Tersambar Kereta Api, Pria Tanpa Identitas Tewas Terpental Sejauh 10 Meter

Di rel pada saat yang sama adalah kereta penumpang dan barang raksasa No. 1016, 'Estrella del Norte', dengan 260 penumpang di dalamnya setelah meninggalkan kota Tucumán pada hari sebelumnya.

Kedua kereta menuju ke arah yang sama ketika 'masalah injektor bahan bakar' memaksa El Zarateño berhenti di dekat Benavídez.

Baca juga: 2 Pemotor Tewas Tertabrak Kereta, Kepalanya Hancur

Awak kereta gagal mengambil tindakan apa pun untuk mengomunikasikan situasi mereka dengan pengemudi lain sampai terlambat, 40 menit setelah berhenti.

Tidak menyadari bahaya di depan, 'Estrella del Norte' melaju dengan kecepatan penuh yang menghancurkan dan meskipun pengemudi berusaha keras untuk mengerem, menabrak kereta di depan dengan kecepatan 65mph.

Tabrakan fatal terjadi pada pukul 20:15 ketika dua lokomotif diesel menghancurkan kendaraan di gerbong belakang depan, mengamati gerbong berikutnya dan hampir menabrak gerbong ketiga, mendorong kereta sejauh 80 yard ke rel.

"Kami melihat tubuh yang dimutilasi di mana-mana, darah di mana-mana, tentara hanya mengisi karung dengan anggota badan yang terputus,” terang korban selamat yang dikutip di The Times.

Mendengar kereta yang mendekat, beberapa penumpang berhasil melompat untuk menyelamatkan diri sebelum kecelakaan tetapi ratusan penumpang lainnya tak terselamatkan.

Orang-orang yang selamat yang beruntung melihat ke luar jendela yang sama dengan yang mereka lewati beberapa detik kemudian saat mencoba memperingatkan orang lain.

Semua kematian dan cedera parah terjadi di El Zarateño yang mengembalikan turis dari akhir pekan di Zárate yang modis.

Clarin melaporkan menurut keterangan seorang penumpang yang selamat, sebagian besar penumpang di kereta jarak jauh itu tertidur lelap ketika rem dipasang dan derit besi bergema di seluruh gerbong.

Seorang pilot yang terbang di atas memberi tahu menara kontrol tentang puing-puing yang menyebabkan armada helikopter Angkatan Udara yang membawa pasokan medis tiba di lokasi.

Kamar mayat sementara didirikan di dekat Pacheco dan BenavĂ­dez. Rumah sakit darurat juga dibuat untuk merawat korban yang terluka.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini