Share

KPPU Dalami Dugaan Keterlibatan Kartel dalam Penimbunan 1,1 Juta Kilogram Minyak Goreng di Sumut

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Sabtu 19 Februari 2022 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 19 340 2549899 kppu-dalami-dugaan-keterlibatan-kartel-dalam-penimbunan-1-1-juta-kilogram-minyak-goreng-di-sumut-xhmLxT9y9G.jpg Kepala KPPU Medan Ridho Pamungkas (Foto: istimewa)

MEDAN - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) tengah mendalami dugaan adanya praktek persaingan usaha tidak sehat dalam penimbunan jutaan kilogram minyak goreng yang ditemukan Satgas Pangan Sumatera Utara di tiga gudang penimbunan di Deliserdang, Sumatera Utara pada Jumat, 18 Februari 2022 lalu.

Hal tersebut dikatakan Kepala KPPU Kantor Perwakilan Medan, Ridho Pamungkas, Sabtu (19/2/2022).

"Sedang kita dalami apakah ada ke arah sana (kartel). Tapi kalau nanti arahnya ke pidana, ranahnya tentu di kepolisian," kata Ridho.

Ridho menegaskan bahwa penimbunan minyak goreng ini harus diusut tuntas. Apalagi ada alasan penimbunan dilakukan karena kebijakan managemen produsen minyak goreng.

"Alasan itu menunjukkan keengganan produsen minyak goreng untuk bekerja sama dengan pemerintah untuk menjamin ketersediaan pasokan dari masyarakat," tukasnya.

Baca juga: Polisi Segera Periksa Pemilik Gudang yang Timbun 1,1 Juta Kilogram Minyak Goreng di Sumut

Ridho juga menyebut, ada tiga kemungkinan kegagalan hingga menimbulkan keenganan dari para produsen untuk melepas barangnya, di antaranya kegagalan koordinasi, kegagalan kebijakan, dan kegagalan pasar.

Baca juga: Pemprov Sumut: 1,1 Juta Kilogram Minyak Goreng di Deliserdang Sengaja Ditimbun

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Kegagalan koordinasi dalam artian belum solidnya koordinasi antarpemerintah dan antara pemerintah dengan pelaku usaha dalam mengimplementasikan kebijakan migor, baik kebijakan terkait refaksi maupun terkait DMO.

Kegagalan kebijakan artinya kebijakan yang diambil belum tepat ketika diterapkan atau kurang memperhatikan aspek teknis penerapannya di lapangan.

"Sedangkan kegagalan pasar dalam artian perilaku pelaku usaha yg dengan sengaja menahan pasokan dengan tujuan atau motif tertentu," tandasnya.

Baca juga: Modus Jualan Minyak Goreng Murah di Medsos, Mamah Muda Ditangkap

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini