Share

Sejarah 22 Februari: Perang Meksiko-AS, Pertempuran Memperebutkan Buena Vista Dimulai

Susi Susanti, Okezone · Selasa 22 Februari 2022 01:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 21 18 2550747 sejarah-22-februari-perang-meksiko-as-pertempuran-memperebutkan-buena-vista-dimulai-1pCDTYYNP2.jpg Perang Meksiko-AS, pertempuran Buena Vista dimulai (Foto: History)

MEKSIKO – Selama Perang Meksiko-Amerika, Jenderal Meksiko Santa Anna mengepung pasukan Jenderal Amerika Serikat (AS) Zachary Taylor yang kalah jumlah di Angostura Pass di Meksiko dan menuntut penyerahan wilayah segera.

Taylor menolak. Dia diduga menjawab, "Katakan padanya untuk pergi ke neraka.”

Keesokan paginya Santa Anna mengirim sekitar 15.000 tentara untuk bergerak melawan 5.000 orang AS. Artileri AS yang unggul mampu menghentikan salah satu dari dua divisi Meksiko yang maju.

Sedangkan penembak jitu Mississippi Jefferson Davis memimpin pertahanan sayap kiri yang ekstrim melawan serangan Meksiko lainnya. Pada pukul 17.00 waktu setempat, orang-orang Meksiko mulai mundur.

 Baca juga: 5 Perang Paling Lama di Dunia, Ada yang Berlangsung 116 Tahun

Perang Meksiko-Amerika diketahui dimulai dengan perselisihan tentang pencaplokan Texas oleh pemerintah AS pada 1845. Pada Januari 1846, Presiden James K. Polk, seorang pendukung kuat ekspansi ke barat, memerintahkan Jenderal Taylor untuk menduduki wilayah yang disengketakan antara sungai Nueces dan Rio Grande. Pasukan Meksiko menyerang pasukan Taylor, dan pada Mei 1846 Kongres menyetujui deklarasi perang melawan Meksiko.

Baca juga: Wapres AS: Perang di Eropa Sangat Mungkin Terjadi

Saat pertempuran di Buena Vista pada Februari 1847, dan di Monterrey pada September 1847, Taylor membuktikan diri sebagai seorang komandan militer yang brilian. Dia mendapatkan julukan "Tua Kasar dan Siap" saat muncul dari perang sebagai pahlawan nasional. Dia memenangkan nominasi presiden Whig pada 1848 dan mengalahkan kandidat Demokrat, Lewis Cass, pada November.

Pahlawan lain dari Pertempuran Buena Vista, yakni Jefferson Davis, menjadi sekretaris perang di bawah Presiden Franklin Pierce pada 1853 dan presiden Negara Konfederasi AS pada 1861.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini