Share

Kuras ATM Mantan Majikan hingga Rp110 Juta, ART Belanja Motor hingga Emas

Subhan Sabu, Okezone · Kamis 19 Mei 2022 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 340 2596732 kuras-atm-mantan-majikan-hingga-rp110-juta-art-belanja-motor-hingga-emas-HMKqxrLT9E.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

TOMOHON - Seorang perempuan berinisial TM (31) ditangkap Tim Resmob Polres Tomohon. Perempuan yang pernah menjadi Asisten Rumah Tangga (ART) itu diduga sebagai pelaku pencurian uang ratusan juta, di Kelurahan Matani Tiga Kecamatan Tomohon Tengah.

Kabid Humas Polda Sulut, Kombes Jules Abraham Abast mengatakan, pelaku yang berpofesi sebagai asisten rumah tangga itu diamankan pada hari Senin 16 Mei 2022 saat berada di wilayah hukum Polsek Tabukan Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe.

 BACA JUGA:Terapkan Restorative Justice, Kejari Jaksel Hentikan 2 Kasus Pencurian HP

Menurutnya, pelaku nekat melakukan aksi pencurian uang milik korban bernama Chitra Le, yang merupakan majikan pelaku dengan cara membobol ATM milik korban.

“Pelaku mengakui mengambil kartu ATM milik korban selanjutnya menggasak uang pelaku hingga mencapai Rp110 juta, sedangkan uang Rp10 juta lainnya, pelaku curi di bawah rak pakaian milik korban, jadi total uang yang dicuri sebanyak Rp120 juta,” ujar Jules Abraham Abast, Kamis (19/5/2022).

 BACA JUGA:Pasutri Muda Nekat Jadi Komplotan Spesialis Pencurian di Minimarket

Aksi pelaku diketahui saat korban mengecek rekening banknya, dan ternyata sudah terjadi transaksi penarikan uang yang diakui bukan dilakukan oleh korban sendiri.

“Mengetahui uang di dalam rekeningnya sudah ditarik seseorang, korban pun meminta konfirmasi kepada pihak bank, dan pihak bank pun membenarkan hal tersebut,” terangnya.

Kejadian ini kemudian dilaporkan korban ke Polres Tomohon pada 21 April 2022 lalu. Berdasarkan laporan korban, Tim Resmob segera melakukan penyelidikan dan memeriksa rekaman CCTV di beberapa gerai ATM dan akhirnya dugaan pelaku mengerucut pada seorang asisten rumah tangga yang sudah tidak bekerja lagi di rumah korban.

Dari bukti-bukti awal tersebut, Tim Resmob kemudian melakukan pencarian terhadap pelaku dengan berkoordinasi bersama personel Polsek Tabukan Utara dan akhirnya berhasil menangkap pelaku.

“Pelaku ditangkap tanpa ada perlawanan dan ia mengaku telah melakukan pencurian tersebut sejak September 2021,” tuturnya.

Pelaku juga mengaku telah membelikan sejumlah barang dari hasil uang curian, antara lain satu unit sepeda motor, barang perhiasan emas, beberapa perabot rumah tangga, jam tangan dan tas.

“Saat ini pelaku bersama sejumlah barang bukti sudah diamankan di Polres Tomohon guna pemeriksaan lebih lanjut,” pungkasnya.

(wal)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini