Share

3 Kasus Poliandri di Dunia yang Buat Heboh, Terakhir Terjadi di Cianjur!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 21 Mei 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 18 2597589 3-kasus-poliandri-di-dunia-yang-buat-heboh-terakhir-terjadi-di-cianjur-F53Ei6Ick6.jpg ilustrasi.

JAKARTA - Baru-baru ini, muncul kasus pengusiran terhadap seorang perempuan yang memiliki 2 suami di Cianjur, Jawa Barat. Hal ini cukup mengejutkan publik lantaran poliandri atau seorang perempuan yang memiliki suami lebih dari satu bukanlah hal yang lazim terjadi di dunia, termasuk di Indonesia.

BACA JUGA: Viral Wanita Poliandri di Cianjur, Bercinta 3 Kali Sehari dengan Suami Muda

Berikut adalah 3 kasus poliandri di dunia yang menimbulkan kehebohan.

1. China

Sepanjang abad ke-18 sampai 19, para perempuan yang tinggal di wilayah pedesaan China lazim memiliki lebih dari 1 suami. Mengutip Quartz, satu kisah terkemuka yang beredar adalah tentang seorang perempuan bernama Jiang Shi yang memilih mencari suami lagi, yakni Jiang Yilang.

Suami baru Shi jauh lebih muda dan sehat dari suami pertamanya. Langkah itu dipilih Shi karena suami tuanya, Zheng Guoshun, mengalami kebutaan di pertengahan tahun 1700-an. Pernikahan 1 istri dan 2 suami ini berjalan harmonis dengan kehadiran 2 orang anak.

BACA JUGA: 5 Negara Jadikan Praktik Poliandri sebagai Tradisi, India Salah Satunya

2. India

India menjadi salah satu negara yang memperbolehkan seorang perempuan memiliki lebih dari satu suami. Mengutip laman New York Times, ada sebuah kisah dari perempuan bernama Budhi Devi yang masih berusia 14 tahun dan harus menikahi seorang pria yang lebih muda darinya.

Satu hal yang mencengangkan, Devi juga harus menikahi adik dari calon suaminya, saat pria muda itu sudah cukup umur. Devi akhirnya hidup dengan 2 suami.

Di usianya yang sudah menginjak 70 tahun, salah satu suaminya telah meninggal dunia. Fakta seperti itu banyak terjadi di desa-desa terpencil di wilayah Lembah Lahaul, India.

3. Indonesia

Masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kasus pengusiran seorang perempuan dari desanya di Cianjur, Jawa Barat pada Mei 2022. Melansir Okezone, pakaian perempuan berinisial NN ini juga dibakar oleh warga desanya. Bersamaan dengan itu, para tetangga NN turut mencaci makinya. Ternyata, NN ketahuan menikah lagi sehingga ia memiliki 2 suami.

Tokoh masyarakat setempat, Aep Ibing, mengutarakan bahwa NN masih berstatus sebagai isti sah seorang pria berinisial TS. Namun, ia kembali melakukan pernikahan lagi secara siri dengan suami barunya, UA. Pernikahan keduanya dilakukan tanpa sepengetahuan suami pertama NN.

Sebenarnya, SS dan TS sudah menikah sejak Desember 2021. Namun, baru diketahui pada 5 Mei 2022. Mengetahui hal tersebut, TS langsung menjatuhkan talak 3 kepada NN.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini