Share

Mencoba Menyeberang ke Spanyol, 23 Migran Meninggal

Susi Susanti, Okezone · Minggu 26 Juni 2022 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 26 18 2618419 mencoba-menyeberang-ke-spanyol-23-migran-meninggal-mNyZoClLWW.jpg 23 migran meninggal usai mencoba menyeberang ke Spanyol (Foto: EPA)

SPANYOL - Pejabat dari negara tetangga Maroko mengatakan sedikitnya 23 migran meninggal dan lainnya terluka pada Jumat (24/6/2022) ketika kerumunan besar mencoba menyeberang ke daerah kantong Melilla, Afrika Utara, Spanyol.

Laporan mengatakan beberapa dari mereka yang meninggal telah jatuh dari atas pagar perbatasan.

Beberapa personel keamanan dan migran dirawat di rumah sakit untuk perawatan menyusul bentrokan pada Jumat pagi (24/6/2022).

Itu adalah percobaan penyeberangan massal pertama sejak Spanyol dan Maroko melanjutkan hubungan diplomatik pada Maret lalu.

Baca juga: Kapal Pembawa Migran Haiti Terbalik di Puerto Rico, Setidaknya 11 Orang Tenggelam

Mencairnya hubungan terjadi setelah Spanyol mendukung rencana otonomi Maroko untuk wilayah Sahara Barat yang disengketakan.

Baca juga:  Paus Kutuk Perlakuan Egoisme Pribadi Terhadap Migran

Pejabat Spanyol mengatakan beberapa ratus orang mencoba menerobos masuk ke daerah kantong itu setelah memotong pagar.

Sebagian besar dipaksa kembali tetapi lebih dari 100 berhasil lolos dan sedang diproses di pusat penerimaan.

Awalnya 18 kematian dilaporkan, tetapi para pejabat mengatakan pada Sabtu (25/6/2022) bahwa lima orang lagi meninggal karena luka-luka mereka.

Melilla dan Ceuta, daerah kantong Spanyol lainnya, dalam beberapa tahun terakhir menjadi titik fokus bagi sebagian besar migran sub-Sahara yang berusaha mencapai Eropa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini