Share

China Umumkan Latihan Militer di Seberang Taiwan, Gunakan Peluru Tajam

Susi Susanti, Okezone · Senin 01 Agustus 2022 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 01 18 2640056 china-umumkan-latihan-militer-di-seberang-taiwan-gunakan-peluru-tajam-q9V9fuBsZS.jpg China umumkan latihan militer di seberang Taiwan (Foto: AP)

CHINA - Pemerintah China mengatakan pihaknya mengadakan latihan militer pada Sabtu (30/7/2022) di lepas pantai seberang Taiwan.

Kantor berita resmi Xinhua mengatakan latihan dengan menggunakan peluru tajam diadakan dekat Pulau Pingtan di lepas Provinsi Fujian. Media itu memperingatkan kapal-kapal untuk menghindari area itu.

Aksi unjuk kekuatan itu dilakukan di tengah ketegangan dengan Amerika Serikat (AS) mengenai kemungkinan rencana kunjungan seorang anggota kongres AS ke Taiwan, yang diklaim Beijing sebagai bagian wilayahnya.

Baca juga: Ketika Presiden Taiwan Naik Kapal Perang dan Pakai Baju Kamuflase, Puji Tekad Militer Pertahankan Wilayah

Sementara itu, Ketua DPR AS Nancy Pelosi belum mengonfirmasi laporan berita bahwa ia akan mengunjungi Taiwan. Namun, Presiden Xi Jinping memperingatkan Presiden AS Joe Biden lewat telepon pada Kamis (28/7/2022) untuk tidak melakukan "campur tangan" dalam urusan Beijing dengan pulau itu.

Baca juga: Peringatkan AS, China Latihan Militer di Sekitar Taiwan

Dikutip VOA, China mengatakan Taiwan tidak punya hak untuk melakukan hubungan luar negeri. Beijing memandang kunjungan para pejabat AS sebagai dorongan bagi pulau itu untuk meresmikan kemerdekaan de facto yang telah berusia puluhan tahun.

Diketahui, Taiwan dan China pisah pada 1949 setelah perang saudara yang berakhir dengan kemenangan komunis di daratan.

Kedua pemerintahan itu mengatakan mereka satu negara, tapi tidak sepakat soal pihak mana yang berhak memegang kepemimpinan nasional. Keduanya tak punya hubungan resmi, tapi terhubung dengan perdagangan dan investasi sebesar miliaran dolar.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini