Share

Pasca-Paus Raksasa, Kini Hiu Terdampar di Perairan Alas Purwo Banyuwangi

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 09 Agustus 2022 03:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 519 2644284 pasca-paus-raksasa-kini-hiu-terdampar-di-perairan-alas-purwo-banyuwangi-PEFWDbGj9Z.jpg Ikan Hiu mati terdampar di Alas Purwo Banyuwangi (foto: dok ist)

BANYUWANGI - Pasca paus yang terdampar, kali ini sebuah hiu jenis hiu paus yang juga turut terdampar di perairan Banyuwangi. Hiu paus ini ditemukan terdampar dan mati sejak Sabtu lalu (6/8/2022) di Pantai Ngagelan, Taman Nasional (TN) Alas Purwo Banyuwangi.

Satwa hiu paus (Rhincodon typus) merupakan jenis hiu pemakan plankton yang merupakan spesies ikan terbesar. Cucut ini mendapatkan namanya karena ukuran tubuhnya yang besar dan kebiasaan makannya dengan menyaring air laut menyerupai kebanyakan jenis paus.

 BACA JUGA:Seekor Paus Bungkuk Raksasa Terdampar, Bikin Heboh Warga di Banyuwangi

Kepala Seksi Penglolah wilayah 1 Balai Taman Nasional Alas Purwo, Probo Wresniaji membenarkan adanya mamalia besar yang terdampar dan mati di wilayah Pantai Ngagelan.

"Memang benar kondisinya sudah mati di Pantai Ngagelan. Terdampar sejak Sabtu lalu," kata Probo Wresniaji saat dikonfirmasi, Senin (8/8/2022).

 BACA JUGA:Nyasar, Seekor Paus Beluga Terlihat di Sungai Seine Prancis

Dirinya menjelaskan, hiu paus yang terdampar memiliki ukuran panjang 4,5 meter. Sayang saat ditemukan petugas kondisinya sudah mulai membusuk dan beberapa bagian tubuhnya mulai tak utuh.

"Sudah mulai membusuk. Sampai saat ini masih ada di lokasi terdampar," tuturnya.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Pihaknya mengaku, mamalia besar dari laut itu sengaja tidak dievakuasi ataupun dikubur. Sebab hiu paus itu akan menjadi santapan hewan liar di kawasan TN Alas Purwo.

"Tidak kita evakuasi. Karena itu akan jadi santapan biawak ataupun hewan lain. Ini akan menjadi rantai makanan di wilayah TN Alas Purwo," tambahnya.

Sebelumnya juga ditemukan paus sperma yang terdampar di kawasan Pantai Bulusan Banyuwangi. Paus Sperma itu kemudian mati dan menyisakan masalah dalam evakuasi dan penguburan. Butuh waktu seminggu untuk mengubur mamalia besar itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini