Share

HUT Ke-77 RI, Puluhan Penyelam Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut

Riski Amirul Ahmad, iNews · Rabu 17 Agustus 2022 08:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 519 2649298 hut-ke-77-ri-puluhan-penyelam-kibarkan-bendera-merah-putih-di-bawah-laut-LgOXOJiNZt.JPG Prosesi pengibaran Sang Saka Merah Putih di laut/ Foto: Riski Amirul

SITUBONDO - Puluhan penyelam di Situbondo, Rabu (17/8/2022) pagi, menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih dari dasar Pantai Pasir Putih, Kecamatan Bungatan. Uniknya, seakan tak mau kalah dengan puluhan peserta upacara yang mengikuti jalannya upacara dari atas perahu, para penyelam juga mengenakan pakaian adat.

Kawasan Pantai Pasir Putih terlihat semarak dengan deretan perahu berhias Bendera Merah Putih. Bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan RI ke-77, warga menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih dari dasar laut, dengan melibatkan puluhan penyelam.

 BACA JUGA:Ferdy Sambo Kuras Rekening Brigadir J Rp200 Juta, Kamaruddin: Orang Mati Bisa Kirim Duit?

Menariknya, para penyelam yang berasal dari berbagai unsur dan kesatuan tampak mengenakan pakaian adat serta seragam dinas harian, mulai seragam TNI-Polri, pegawai negeri sipil hingga seragam batik.

Layaknya upacara di lapangan atau halaman alun-alun, prosesi pengibaran Bendera Merah Putih juga melibatkan petugas Paskibra. Bedanya, mereka kali ini dilengkapi dengan peralatan menyelam sebab prosesi pengibaran bendera merah putih dilakukan dari dasar laut.

Sambil membawa bendera, mereka kemudian bergerak bersama-sama menuju spot upacara yang berjarak sekitar 500 meter dari garis pantai. Diiringi lagu Indonesia Raya, Bendera Merah Putih perlahan ditarik dari dasar laut hingga muncul ke atas permukaan.

 BACA JUGA:HUT Ke-77 RI, Ratusan TNI-Polri Siaga Tempur Antisipasi Serangan KKB Teroris

"Enggak ada kendala. Cuaca mendukung hari ini. Kondisi di dalam jernih. Penyelam ada 17 orang," kata salah seorang penyelam, Dedi.

Sementara dari atas laut, puluhan warga juga tampak khidmat mengikuti upacara dengan menaiki sejumlah perahu. Selain untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77, upacara pengibaran unik ini juga untuk memperingati hari lahir Kota Situbondo ke-204.

"Ini adalah untuk peringati HUT RI Ke-77 sekaligus merayakan hari jadi Situbondo ke-204. Ini simbol warga Situbondo cinta tanah air. Sekaligus mengenang jasa pejuang bangsa," ujar Bupati Situbondo Karna Suwandi.

Adapun, upacara unik ini juga sengaja digelar sebagai wujud syukur, sekaligus momen kebangkitan pariwisata di Kabupaten Situbondo, yang sempat terpuruk akibat badai pandemi Covid-19.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini