Share

Miris! Pemburu Satwa Langka Gunung Sanggabuana Kepergok Sedang Kuliti Landak Jawa

Nila Kusuma, Koran Sindo · Kamis 18 Agustus 2022 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 525 2649902 miris-pemburu-satwa-langka-gunung-sanggabuana-kepergok-sedang-kuliti-landak-jawa-Fpc0ZMHd7r.jpg Kelompok pemburu yang sedang mengulit satwa yang dilindungi Landak Jawa/ Foto: Ist

KARAWANG - Aksi perburuan hewan langka di pegunungan Sanggabuana, Karawang, Jawa Barat terus berlangsung. Sekelompok pemburu dengan membawa senjata api kepergok kelompok pecinta alam tengah mengolah hasil buruannya, Landak Jawa, yang dilindungi.

"Pemburunya ada lima orang dan membawa 3 pucuk senjata api rakitan. Kami menemukan mereka sedang mengukiti landak hasil buruannya untuk dimakan. Kami mencoba mengingatkan mereka tentang larangan berburu hewan langka, namun mereka acuh saja," kata salah satu anggota Mahasiswa pencinta alam ( Mapala) Universitas Negeri Karawang (Uniska), Agung Hamzani, Kamis (18/8/22).

 BACA JUGA: Keluarga Korban Kebakaran Indekos di Tambora Datangi RS Polri

Menurut Agung, anggota Mapala menemukan kelompok pemburu saat akan mengambil dokumentasi pengibaran bendera merah putih di gunung Sanggabuana. Saat itu kelompok pemburu yang berjumlah 5 orang itu tengah menguliti landak. Sedangkan beberapa orang lagi sedang mengumpulkan kayu bakar. "Mereka sedang melakukan persiapan untuk makan malam," katanya.

Agung yang juga tergabung dalam Baraya Sanggabuana, komunitas pecinta alam sayap organisasi Sanggabuana Conservaton Foundation (SCF) mencoba memberi tahu para pemburu perihal landak merupakan hewan dilindungi. Namun para pemburu mengaku sudah terbiasa berburu di Gunung Sanggabuana.

"Sudah kami ingatkan tapi mereka acuh saja. Apalagi mereka memakai kaos camo dengan logo Perbakin, jadi kami tidak berani melarang," katanya.

 BACA JUGA:Komnas Perempuan Tetap Dalami Dugaan Pelecehan terhadap Putri Candrawathi di Magelang

Sementara itu, Direktur Executif Sanggabuana Conservaton Foundation (SCF), Solihin Fuadi mengatakan, perburuan hewan langka di pegunungan Sanggabuana masih sering terjadi.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Para pemburu ini ada yang menggunakan senapan angin dan senjata api rakitan model dorlock. Bukan hanya para pemburu, warga di sekitar peggunungan Sanggabuana juga ikut berburu hewan di pegunungan.

"Warga sekitar masih menyimpan senjata api atau senjata angin untuk berburu," katanya.

 BACA JUGA:Bejat! Korban Kecelakaan Diperkosa Seorang Pria hingga Akhirnya Meninggal

Menurut Solihin, warga sekitar berdalih menyimpan senjata untuk menakut-nakuti binatang buas. Namun dalam kenyataannya banyak juga dari mereka sengaja berburu seperti babi hutan atau monyet.

"Kalau mereka menembak binatang di sekitar kebun atau sawah sulit kita tegur. Tapi ada juga dari mereka sengaja masuk hutan mencari dan menembak binatang," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini