Share

4 Daftar Kekejaman Nazi yang Masih Membekas, Termasuk Eksperimen Mengerikan

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 10 September 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 18 2664473 4-daftar-kekejaman-nazi-yang-masih-membekas-termasuk-eksperimen-mengerikan-NoPKLNmhHO.jpg Pemimpin Nazi Adolf Hitler. (Foto : National Archives/Reuters)

PARTAI Nazi menjadi salah satu kekuatan politik paling besar di dunia, pada tahun 1933 hingga 1945. Di bawah kendali diktator Adolf Hitler, Nazi banyak melakukan kekejaman yang masih membekas hingga kini.

Berikut adalah daftar 4 kekejaman Nazi yang masih diingat masyarakat dunia, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (10/9/2022) :

1. Holocaust

Satu peristiwa besar dan sangat memilukan yang pernah dilakukan Nazi adalah holocaust di tahun 1941 sampai 1945. Ketika mulai berkuasa di tahun 1933, Nazi melakukan strategis penganiayaan, genosida, dan pembunuhan yang terorganisir. Tujuannya adalah untuk memurnikan etnis Jerman. Menurut Adolf Hitler, hal inilah yang menjadi solusi akhir.

Holocaust merupakan genosida yang dilakukan Nazi kepada 6 juta masyarakat Yahudi. Selain itu, ada pula warga Polandia, tawanan perang Uni Soviet, dan mereka yang diketahui sebagai homoseksual.

Dalam bahasa Ibrani, holocaust disebut juga sebagai Shoah, yang berarti malapetaka. Orang-orang Yahudi menjadi incaran utama Hitler dan Nazi karena kebencian yang sudah sangat mengakar. Sebab, orang Yahudi dianggap sebagai penyebab banyaknya masalah, seperti ekonomi, sosial, politik, hingga budaya.

2. Perempuan Menjadi Penyiksa di Kamp Konsentrasi Nazi

Pada 1944, sebuah iklan di surat kabar Jerman mengumumkan lowongan pekerjaan yang ditargetkan untuk perempuan berusia 20 sampai 40 tahun. Mereka nantinya ditempatkan di situs-situs militer dengan bayaran menjanjikan, akomodasi, dan pakaian.

Melansir BBC, pakaian yang dimaksud adalah seragam SS (Schutzstaffel) atau organisasi militer elite Nazi di bawah komando Hitler. Sementara itu, situs militernya adalah Ravensbruck, sebuah kamp konsentrasi khusus perempuan.

Rupanya, perempuan-perempuan yang mendaftar dan bekerja di kamp konsentrasi itu dipekerjakan sebagai penjaga sekaligus algojo. Dalam kamp ini, setidaknya tinggal 3.500 penjaga perempuan yang menetap bersama anak-anaknya di vila-vila nyaman yang telah disiapkan.

Di sisi lain, mereka memperlakukan tahanan dengan sangat buruk, banyak perempuan menjadi korban pemukulan. Bahkan, algojo perempuan di kamp ini juga kerap membunuh tahanan. Beberapa algojo dijuluki cukup seram, seperti ‘revolver Anna’ atau ‘bloody Brygyda’.

Kamp Ravensbruck menampung 120 ribu tahanan dari seluruh Eropa. Dari jumlah tersebut, setidaknya ada 30 ribu perempuan meregang nyama di lokasi ini.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Eksperimen Medis Mengerikan

Melalui tangan sang malaikat maut, Josef Mengele, Nazi kerap melakukan eksperimen medis yang sangat ekstrem dan mengerikan, terutama di kamp konsentrasi Aushwitz. Di kamp ini, ditahan orang-orang Yahudi, tahanan politik, dan tawanan perang Uni Soviet.

Alih-alih melakukan pengobatan kepada para tahanan, dokter kejam kelahiran Jerman, 16 Maret 1911 itu tega menyuntikkan bensin dan klorofom kepada ribuan tahanan untuk mempelajari efek bahan kimia di tubuh manusia.

Josef Mengele sangat berambisi untuk mendongkrak kariernya di dunia medis, meskipun harus melakukan eksperimen keji. Setelahnya, Mengele akan mengambil organ tubuh jasad, seperti mata, untuk mengetahui pigmentasi mata.

Ada juga eksperimen anak kembar di tahun 1943 hingga 1944. Ia ingin mengetahui apakah tubuh manusia dapat dimanipulasi secara tidak wajar. Sebanyak 1.500 pasang kembar dipenjara di Aushwitz dan menjadi bahan eksperimen Mengele beserta timnya.

4. Operasi Kamar Gas

Kamar gas beracun didesain Nazi dengan cara mobile di dalam mobil van. Nazi menggunakan teknik tersebut agar genosida berjalan lebih efektif, di sekitar tahun 1940.

Berbagai sumber menyebut, knalpot yang ada di van itu disambungkan dengan ruang khusus di dalamnya. Selanjutnya, para tahanan ditempat di ruang itu dan menghirup gas beracun. Lokasi-lokasi yang menjadi tempat pembantaian dengan kamar gas ini adalah Chelmno, Treblinka, Sobibor, Belzec, dan Aushwitz. (Diolah dari berbagai sumber/Litbang MPI/Ajeng Wirachmi)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini