Share

Pangdam Kasuari : Adat-Budaya Harus Tetap Terjaga karena Asal Muasal Tatanan Berbangsa dan Bernegara

Tim Okezone, Okezone · Minggu 18 September 2022 07:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 18 340 2669774 pangdam-kasuari-adat-budaya-harus-tetap-terjaga-karena-asal-muasal-tatanan-berbangsa-dan-bernegara-1lUEZoreSy.jpeg Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen Gabriel Lema. (Pendam XVIII/Kasuari)

MANOKWARI - Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S Sos, memyampaikan semua anak bangsa kalau berbicara tentang adat dan budaya itu merupakan asal muasal tatanan berbangsa dan bernegara. Intinya sampai kapanpun dan dengan perkembangan dunia, adat dan budaya harus tetap terpelihara dan terjaga.

Hal ini disampaikan Pangdam saat menghadiri acara konser perdana musik tradisional Papua (The Spirit Of Mambesak) di Lapangan Basket Borasi, Manokwari, Papua Barat, Sabtu (17/9/2022).

Pangdam yang didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari, Ny Alin Gabriel Lema secara khusus menyampaikan terima kasih kepada 5 grup asal Papua, Pemda Manokwari dan mahasiswa dan panitia yang sudah terlibat mengadakan acara ini.

"Adat dan budaya termasuk musik tradisional dengan perkembangan saat ini harus butuh suatu penyegaran-penyegaran yang berada di tangan kita dan dari generasi ke generasi. Saya sebagai Pangdam XVIII/Kasuari, secara khusus dan pribadi menyampaikan terima kasih yang tulus kepada 5 grup yang masih mempertahankan dan terus menjaga budaya walaupun lewat musik. Terima kasih pula kepada Pemerintah Daerah karena sudah membuat acara ini," ujarnya dalam siaran pers yang diterima.

"Dengan musik kita juga dapat menyelesaikan berbagai masalah. Potensi yang kita dengar hari ini mari kita bawa dalam kehidupan kedepan dalam profesi apa saja silahkan untuk dikembangkan. Namun, jangan lupa dengan jati diri bangsa dan budaya kita," ujar Pangdam.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Dalam kegiatan ini, sebagai bentuk kepedulian terhadap adat dan budaya Papua khususnya dalam bidang musik tradisional, Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari, berkesempatan memberikan uang pembinaan yang diterima salah satu perwakilan dari 5 grup musik tradisional asal Papua.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka melestarikan musik tradisional Papua yang kini mulai menghilang oleh perkembangan zaman oleh musik-musik modern saat ini.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini