Share

Kapal Pesiar dengan 800 Penumpang Positif Covid-19 Merapat di Sydney, Diisolasi di Ruang Kabin

Susi Susanti, Okezone · Minggu 13 November 2022 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 13 18 2706554 kapal-pesiar-dengan-800-penumpang-positif-covid-19-merapat-di-sydney-diisolasi-di-ruang-kabin-GM1IuGgZ4h.jpg Kapal pesiar dengan 800 penumpang positif Covid-19 merapat di Sydney (Foto: AFP)

SYDNEY - Sebuah kapal pesiar dengan ratusan penumpang positif Covid-19 merapat di Sydney, Australia, setelah dilanda gelombang infeksi.

Presiden Carnival Australia Marguerite Fitzgerald mengatakan kepada wartawan dalam jumpa pers pada Sabtu (12/11/2022), kapal pesiar Majestic Princess baru setengah perjalanan dalam perjalanan 12 hari ketika wabah kasus diketahui.

Fitzgerald mengatakan setelah pengujian massal 3.300 penumpang, sekitar 800 dinyatakan positif Covid-19.

Dalam pernyataan selanjutnya, Fitzgerald mengatakan Carnival Australia telah melakukan lebih dari 50 pelayaran internasional dan domestik “dengan sebagian besar lebih dari 100.000 tamu tidak terpengaruh oleh Covid.”

Baca juga: Kapal Pesiar Membawa 800 Penumpang Positif Covid-19 Berlabuh di Australia

“Namun, munculnya Covid di masyarakat berarti kita telah melihat peningkatan kasus positif pada tiga pelayaran terakhir,” katanya.

Baca juga: Kapal Pesiar Singgah di Manokwari, Wisman Antusias Nonton Tarian 'Burung Surga' hingga Berburu Oleh-Oleh

Fitzgerald mengatakan perusahaan telah menerapkan “langkah-langkah paling ketat dan ketat yang melampaui pedoman saat ini”, termasuk mewajibkan 95% tamu di atas usia 12 tahun untuk divaksinasi dan menguji staf dan penumpang untuk Covid-19 sebelum mereka naik.

“Kami mengambil tanggung jawab kami untuk menjaga semua orang tetap aman dengan sangat serius. Ini meluas tidak hanya untuk merawat tamu kami, tetapi juga untuk komunitas yang lebih luas di mana kami beroperasi dan mengunjungi,” tambahnya.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Perwakilan perusahaan induk Princess Cruises Briana Latter mengatakan kepada CNN, semua kasus positif bergejala ringan atau tanpa gejala.

"Semua kasus positif bergejala ringan atau tanpa gejala, dan para tamu diisolasi di kabin mereka dan kemudian dipisahkan dari tamu yang tidak terkena dampak," terangnya.

Latter mengatakan wabah di atas kapal Majestic Princess itu “mencerminkan peningkatan penularan komunitas di Australia.”

Menurut afiliasi CNN, Nine News, kapal itu memiliki 4.600 penumpang dan awak pada saat itu. Operator pelayaran secara terpisah mengawal mereka yang terinfeksi keluar dari kapal dan menyarankan mereka untuk menyelesaikan periode isolasi lima hari.

Berdasarkan pernyataan Kesehatan New South Wales, mereka yang dites negatif diizinkan meninggalkan kapal.

"Carnival telah menyarankan Kesehatan NSW bahwa mereka membantu penumpang dengan Covid-19 untuk membuat pengaturan perjalanan selanjutnya yang aman," tambah pernyataan itu.

Seperti diketahui Australia telah melihat peningkatan dalam kasus Covid baru-baru ini, yang mengarah ke pendekatan yang lebih hati-hati dari dalam pemerintah.

Kementerian Kesehatan New South Wales mencatat 19.800 kasus baru Covid-19 dan 22 kematian dalam sepekan terakhir.

Kapal pesiar Majestic Princess telah meninggalkan Sydney dalam pelayaran berikutnya ke Melbourne dan Tasmania.

The Majestic Princess bukanlah pelayaran Carnival pertama yang dilanda wabah Covid.

Setidaknya tiga kapal lain dalam armada Princess perusahaan – Ruby Princess, Diamond Princess, dan Grand Princess – mengalami wabah di awal pandemi.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini