Share

Gempa Cianjur Robohkan Tembok Lapas, Petugas Evakuasi Penghuni ke Lapangan

Ari Sandita Murti, MNC Portal · Selasa 22 November 2022 00:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 525 2712113 gempa-cianjur-robohkan-tembok-lapas-petugas-evakuasi-penghuni-ke-lapangan-EcNIi9PCmA.jpg Napi Lapas Cianjur dikumpulkan di lapangan (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, Sujonggo mengatakan, gempa yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022), membuat tembok Lapas Kelas IIB Cianjur roboh. Petugas lapas pun melakukan langkah-langkah mitigasi risiko.

"Mitigasi risiko yang telah dilaksanakan, yakni mengerahkan seluruh petugas untuk melaksanakan pengamanan area kantor dan blok hunian. Mengevakuasi seluruh penghuni untuk berkumpul di tengah lapangan," ujarnya melalui keterangan tertulisnya, Senin (21/11/2022).

Menurutnya, petugas lapas tersebut juga telah ditempatkan pada area dalam lapangan dan tembok luar. Guna mengantisipasi gempa susulan, seluruh WBP akan bermalam diarea lapang dengan pengawasan ketat.

Lalu, pihaknya berkoordinasi dengan Bupati dan jajaran Forkompimda Cianjur. Kepala Divisi Pemasyakaratan Kanwil Jabar pada pukul 16.10 tiba di Lapas Cianjur untuk meninjau seluruh area dan Cipta kondisi, memberikan arahan pada seluruh WBP untuk tetap tenang dan melarang warga binaan masuk ke dalam kamar sebagai antisipasi gempa.

"Rumah dinas pegawai dan petugas serta keluarga pegawai yang di luar rumah dinas dalam keadaan aman dan baik. Sedangkan di area sekitar Lapas, petugas telah berkoordinasi dengan warga masyarakat sekitar Lapas guna memastikan dampak rubuhnya tembok keliling di lapas tersebut," katanya.

Hasilnya, diketahui ada warga yang terdampak rubuhnya tembok keliling, yakni 1 anak berumur 4 tahun meninggal dunia dan neneknya dalam luka berat telah dilarikan ke RSUD Cianjur. Kepala Kejaksaan Negeri Cianjur telah meninjau area seluruh Lapas untuk dilaporkan ke Bupati dan Gubernur.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini