Share

Gempa Bumi M6,2 Juga Guncang Bali, Terasa Kencang di Kuta

Widi Agustian, Okezone · Selasa 06 Desember 2022 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 244 2721566 gempa-bumi-m6-2-juga-guncang-bali-terasa-kencang-di-kuta-RjLDGz6zlD.jpg Gempa M6,2 terasa di Bali. (Foto: Tangkapan layar)

JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan magnitudo M6,2 terjadi di Jember. Gempa ini turut dirasakan oleh wilayah sekelilingnya, termasuk Bali.

"Pusat gempa berada dilaut 284 km Barat Daya Jember," jelas BMKG dalam keterangannya, Selasa (6/12/2022).

BMKG menunjukkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 10,75° Lintang Selatan (LS); 113,42° Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi 284 Kilometer barat daya Jember dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa ini juga cukup terasa di Bali, termasuk di wilayah Kuta. BMKG menyebutkan wilayah dirasakan (Skala MMI) adalah III Jember, III Gubuk Mas, III Mataram, III Kepanjen, III Sumber Pucung, II Madiun, II Ponorogo, II - III Kuta, II - III Kuta Selatan, II Bantul, II Yogyakarta, II Sawahan, II Klaten, II Banyuwangi, dan II Karangasem

"Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," jelas dia.

 

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

BMKG menyatakan, hasil monitoringnya belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (after shock). BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada.

"Dalam beberapa menit pertama setelah gempa,parameter gempa dapat berubah dan boleh jadi belum akurat,kecuali telah dianalisis ulang seismologist," kata dia.

BMKG juga menegaskan jika gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini