Share

Warga Akan Terganggu Acara Pernikahannya, Kaesang Pangareb Minta Maaf

Erfan Erlin, iNews · Selasa 06 Desember 2022 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 510 2721581 warga-akan-terganggu-acara-pernikahannya-kaesang-pangareb-minta-maaf-aAbQ32thsf.jpg Kaesang Pangarep (Foto: MPI)

SOLO - Gladi bersih pernikahan Kaesang Pangarep di Pendopo Royal Ambarrukmo Yogyakarta digelar Selasa (6/12/2022) pagi. Acara gladi bersih itu dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir 10.30 WIB.

Tampak putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pengareb hadir langsung dalam kegiatan tersebut. Kendati masih berpenampilan santai, Kaesang sendiri tampak sudah siap mengikuti gladi resik tersebut.

Ia tampak mengenakan jarik batik dengan kaus warna hitam. Kaesang juga tetap menggunakan kaca mata dan topinya selama prosesi gladi berlangsung. Usai melakukan rangkaian gladi bersih Kaesang langsung melepas jarik dan mengenakan hoody warna abu-abu.

Prosesi itu diawali dari penyambutan oleh keluarga Erina Sofia Gudono kepada rombongan keluarga mempelai pria. Kaesang direncanakan akan didampingi oleh sang ayah Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo.

Baca juga: Intip Souvenir Pernikahan Kaesang-Erina Gudono, Ada Khusus Tamu VVIP! Segini Harganya

Meski bertajuk gladi bersih, hanya terlihat Kaesang saja yang hadir secara langsung. Sedangkan peran anggota keluarga lain sementara dilakukan oleh pemeran pengganti.

Baca juga: Erina Dipingit, Kaesang Hadiri Gladi Bersih Akad Nikah Sendiri

Pemilik Pengantin Production, Dani Wigung mengatakan dalam gladi bersih ini pihaknya sebagai Wedding Organizer (WO) akan membantu blocking karena yang hadir di gladi di sini tidak riil di mana masih menggunakan pemeran pembantu. Gladi bersih dilaksanakan agar berjalan lancar.

"Karena kalau tidak membantu mengarahkan nanti repot," kata Dani Wigung saat memberi pengarahan di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain prosesi penyambutan, gladi bersih ini juga meliputi beberapa prosesi lainnya. Di antaranya pecah telur, akad nikah, hingga tukar cincin. Prosesi tersebut akan mereka lalui pada saat akad tanggal 10 Desember nanti.

Selepas gladi bersih, Kaesang mengatakan acaranya akad nikah akan dilaksanakan tanggal 10 Desember 2022 di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Kaesang pun membeberkan berbagai macam rangkaian acara yang akan digelar.

"Mulai dari tasyakuran di Pura Mangkunegaran hingga ngunduh mantu," ungkap dia.

Untuk acara ngunduh mantu akan dilakukan di Loji Gandrung. Setelahnya, Kaesang dan Erina akan melakukan prosesi kirab.

Menjelang acara pernikahannya, Kaesang juga mengucapkan permohonan maaf kepada masyarakat lantaran dinilai akan terganggu acara pernikahannya itu.

"Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang terganggu oleh kegiatan ini, sekali lagi saya mohon maaf karena pasti menyebabkan macet dimana-mana. (Baik) itu di Jogja, Solo, dan sekitarnya," ujarnya.

Sebagai infromasi rangkaian prosesi pernikahan keduanya akan dimulai sejak tanggal 8 Desember 2022. Dengan terlebih dulu diawali dengan agenda semaan guran.

Kemudian dilanjutkan pada hari berikutnya yakni midodareni. Rencananya dalam prosesi ini bakal dihadiri ayah Kaesang, Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kaesang dan Erina sendiri dijadwalkan melangsungkan pernikahan atau akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sabtu (10/12/2022).

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno akan menjadi saksi dari pihak Erina. Semenrara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai saksi dari keluarga Kaesang. Sementara wali dari Erina akan dilakukan oleh Kakak tertua Erina yaitu Allen gudono.

Setelah acara ijab kabul tersebut, agenda pernikahan dilanjutkan dengan acara panggih pengantin dan dahar tasyakuran. Sedangkan Kota Solo, Jawa Tengah akan menjadi lokasi acara ngunduh mantu Kaesang-Erina pada Minggu, 11 Desember 2022 mendatang.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini