Presiden Jadi Irup Pelantikan Perwira TNI-Polri

Rabu, 23 Desember 2009 08:36 wib | Amirul Hasan - Okezone

SURABAYA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan bertindak sebagai inspektur upacara dalam Prasetya Perwira dan Pelantikan Perwira TNI-Polri di Dermaga Ujung Koarmatim
Surabaya, hari ini.

Upacara akan diawali dengan penampilan Genderang Suling Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut pada pukul 08.35 WIB. Setelah itu pasukan upacara akan memasuki lapangan upacara.

Presiden sendiri baru tiba di tempat upacara pada pukul 09.00 WIB, Rabu (23/12/2009). Dalam kesempatan ini, Presiden yang bertindak sebagai Irup (inspektur upacara) akan menyematkan tanda pangkat sebagai simbol pelantikan perwira.

Baru setelah itu sebanyak 1.092 taruna dari AAU, AAL, Akmil dan Akpol akan diambil sumpahnya sebagai perwira (Prasetya Perwira). Presiden juga akan memberikan amanat kepada peserta upacara selama kurang lebih 25 menit. Setelah upacara selesai, SBY yang didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono akan menanam pohon di Monumen Yos Sudarso.

Sekedar diketahui, tahun ini Akademi TNI dan Akademi Kepolisian meluluskan 1.092 taruna yang menjadi perwira remaja dari 1.097 taruna yang mengikuti pendidikan di akademi. Sebanyak 5 taruna dinyatakan tidak lulus karena aspek kesehatan dan kepribadian.

Data yang dihimpun okezone, untuk Akademi Militer (AD) meluluskan 275 taruna, Akademi Angkatan Laut 195 taruna, Akademi Angkatan Udara 123 taruna, dan Akademi Kepolisian 499 taruna, sebanyak 65 di antaranya adalah taruni.
(ram)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »