Status Marapi Masih Waspada

|

Gunung Marapi (Wahyu Sikumbang/RCTI)

Status Marapi Masih Waspada
PADANG - Aktivitas vulkanik Gunung Marapi di Padang, Sumatera Barat, sudah mulai menurun jika dibandingkan beberapa hari lalu. Meski demikian, statusnya masih dinyatakan waspada.
 
Menurut  Petugas Pos Pengamatan Kegunungapian Marapi di Bukit Tinggi, Ujang, sejak kemarin mulai pukul 10.00 WIB hingga malam, pihaknya mencatat terjadi sebanyak tujuh kali letupan abu dari kawah Gunung Marapi.
 
”Letupan abu vulkanik ini ketinggiannya jauh lebih rendah dari letupan pertama kali,” katanya saat dihubungi okezone, Sabtu (6/8/2011).
 
“Kemarin tim dari PVMBG memasang sejumlah alat pendeteksi di delapan titik di sekitar lereng gunung. Alat pendeteksi itu berupa seismograf, GPS dan Datamater,” imbuhnya.
 
Karena masih berstatus waspada, warga diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di lereng Marapi dalam radius 3 kilometer dari puncaknya. “Hingga tadi pagi letupan abu masih terjadi, kita belum bisa tahu jumlah letupan itu karena gunung tehalang awan, sementara alat pendeteksi masih proses pemasangannya,” tutupnya.
 
(abe)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Rini Soemarno Diragukan Bisa Laksanakan Agenda Trisakti