Share

PVMBG Pasang Seismograf Digital Dekat Kawah Marapi

Rus Akbar, Okezone · Senin 08 Agustus 2011 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 08 340 489454 ei0WcqDA7a.jpg Ilustrasi kawah Gunung Marapi Sumbar (Foto: okezone)

PADANG- Tim peneliti dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memasang seismograf digital di dekat puncak Gunung Marapi Sumatera Barat mulai hari ini.

“Pemasangan alat seimik digital ini sebagai pembanding dengan dua alat pendeteksi yang telah di pasang sebelumnya. Alat pendeteksi ini dipasang di posisi 2.000 meter dari permukaan laut,” kata Kepala Pos Pengamatan Kegunungapian Marapi, Warseno, Senin (8/8/2011).

Pemasangan alat di gunung setinggi 2.891 mdpl ini diperkirakan akan memakan waktu dua pekan. “Tim sebelumnya telah memasang alat penerima sinyal seimik. Nah untuk selanjutnya yang dipasang itu adalah pendeteksi dan pengiriman sinyal,” tambahnya.

Warseni menambahkan, alat itu memiliki daya sensor tinggi sehingga bisa mengetahui lebih dini dan detail terkait aktivitas gunung.

“Melihat kondisi gunungnya masih berfluktuatif kemungkinan ada dua yang terjadi ke depan. Pertama aktivitasnya turun dan sekaligus penurunan status. Kedua, aktivitasnya justru meningkat. Tapi kalau dibandingkan dengan sejak mengeluarkan abu vulkanik 3 Agusutus lalu, aktivitas gunung diprediksi cenderung menurun,” ujarnya.

Indikasinya, lanjut dia, jika saat meletus pekan lalu gunung memuntahkan abu vulkanik namun saat ini hanya asap putih yang keluar dari kawah.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini