Share

Abu Gunung Marapi Ancam Gagalkan Panen sayur Warga

Rus Akbar, Okezone · Kamis 04 Agustus 2011 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 04 340 488053 sHsHQflmsP.jpg Gunung Marapi (Foto: Rus Akbar/okezone)

PADANG- Hujan abu Gunung Marapi yang mengguyur daerah Nagari Aia Angek, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, membuat tanaman sayur di sekitar lereng mati.

“Hujan abu telah penuh di ladang kami, seluruh tanaman kami sampai hari ini sebagian sudah mulai layu karena abu tersebut,” kata Edi (35), salah seorang petani di Nagari Aia Angek dengan posisi ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl) di pinggang Gunung Marapi kepada okezone, Kamis (4/8/2011).

Ketebalan abu yang menyelimuti kebun petani yang terdiri dari tomat, cabai, kol, wortel, dan sayur-sayuran sudah tampak layu. “Mungkin dua hari lagi tanaman kami di sini mati,” ujarnya.

Daerah seputar lereng Gunung Marapi, merupakan salah satu daerah pemasok kebutuhan sayur di Sumatera Barat. Dengan kondisi tersebut pasokan kebutuhan sayur-sayuran terancam tak terpenuhi di pasaran Sumatera Barat.

Sementara untuk hari ini angin bertiup ke arah tenggara dan diperkirakan mengguyur wilayah Padang Panjang. “Arah angin ke tenggara,” kata Ketua Pos Pengamatan Gunung Marapi PVMBG, Warseno.

Sedangkan untuk wilayah Padang Luar dan Sariak, Kabupaten Agam, yang berada di kaki Gunung Marapi kini sudah bersih dari abu vulkanik. Air hujan yang mengguyur wilayah ini menyapu abu hingga bersih.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini