Image

Menteri Agama Tarik Rp12 T Dana Haji dari Bank

Menteri Agama Suryadharma Ali (Foto:Okezone)

Menteri Agama Suryadharma Ali (Foto:Okezone)

PEKANBARU -Kementerian Agama dalam waktu dekat akan menarik dana haji yang selama ini disimpan di beberapa bank sebesar Rp 12 triliun. Hal tersebut disampaikan Menteri Agama Suryadarma Ali, penarikan dana haji di sejumlah Bank Penerima Setoran (BPS) itu dimaksudkan untuk mengamankan dana haji.

"Sekarang ini penarikan dana tabungan haji sedang kita lakukan. Ini untuk mengamankan keuangan. Jika pemerintah yang memegang kan aman,"kata Suryadarma Ali dalam kunjungan kerja di Pekanbaru,Riau Sabtu (25/2/2012).

Menurutnya, selama ini pihak bank sudah terlalu banyak menikmati dana segar dari biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Kini saatnya pemerintah mengambil alih.

" Kalau bank bisa saja tidak aman, tiba-tiba bank bangkrut, mereka tidak akan mau menganti semua. Sudah cukup lama mereka menikmati dana segar haji," ucapnya.

 

Dia melanjutkan, uang yang setorkan calon jemaah haji mulai dari setoran awal waktu selama ini berada di bank konvensional dan bank syariah. Jika ditotal uang dana haji tersebut mencapai Rp 15 triliun.

" Pihak bank memang menjerit, ketika kita tarik uang dana haji itu. Tapi dari pada kita semua yang menagis nanti, biarlah mereka yang menjerit. Kita akan tarik semua dana haji yang ada di bank," tukas Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP).(kyw)

(abe)
Live Streaming
Logo
breaking news x