Survei Puskaptis: Gatot-Erry Diunggulkan di Pilgub Sumut

|

Gatot Pujo Nugroho (foto: Koran Sindo)

Survei Puskaptis: Gatot-Erry Diunggulkan di Pilgub Sumut
JAKARTA - Survei Pusat Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) menyebut, dua pasangan peserta Pemilihan Gubernur Sumatera Utara, yakni Gatot Pujonugroho-Tengku Erry dan Gus Irawan Pasaribu-Soekirman, akan bersaing.

Ini tercermin dari hasil dua kali survei yang dilakukan Puskaptis dan Indo Matrik pada periode 18-22 Februari dan 25-28 Februari lalu.

"Dari dua kali survei yang kami lakukan memang terdapat naik-turun elektabilitas dari lima pasangan calon. Tetapi, memang yang paling tinggi ada dua, Gus Irawan dengan 26,28 persen dan Gatot Pujo 33,49 persen," ujar Direktur Eksekutif Puskaptis, Husin Yazid, dalam juma pers di Jakarta Selatan, Jumat (1/3/2013).

Dari hasil survei itu tercermin bahwa Gatot-Erry memiliki peluang besar untuk unggul satu putaran. Namun, bila berlangsung dua putaran, artinya tidak ada seorang pun calon yang mengumpulkan suara 30 persen plus satu, maka Husin memprediksi Gus Irawan-Soekirman akan unggul. Pasalnya, ada kemungkinan suara massa mengambang, sebagaimana hasil survei, yakni 12,98 persen
 akan lari ke pasangan tersebut.

Dia menjelaskan, masyarakat Sumut cenderung memilih berdasarkan sentimen kedaerahan pasangan calon yang ada. Berdasar survei yang dilakukannya, pasangan Gatot-Erry unggul di 27 kabupaten/kota, sedangkan enam daerah lainnya dimenangkan Gus Irawan-Soekirman.
 
"Di Sumut ini sangat menarik, penduduknya hanya sekira 12 juta dengan pemilik hak suara 10 juta yang tersebar di 33 kabupaten/kota," kata Husin.

Pada survei pertama, 18-22 Februari, sampel yang dilibatkan sebanyak 1.250 orang. Sedangkan pada 25-28 Februari jumlah sampel bertambah menjadi 1.850 orang. Dua survei tersebut dengan margin of error plus-minus 2,8 persen.

Berikut hasil survei terkini (kedua) yang dilakukan Puskaptis dan Indo Matrik:

Gatot Pujo-Tengku Erry, 33,49

Gus Irawan- Soekirman,  26,28 persen
 
Amri Tambunan-RE Nainggolan, 11,85 persen

Chairuman Harahap-Fadly Nurzal, 7,8 persen

Effendi Simbolon-Jumiran Abdi, 7,4 persen

(ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Wanita Ini Tewas Akibat Tertimbun Longsor