Habibie Imbau Kaum Ibu Tak Pergi ke Luar Negeri Jadi TKW

|

(Foto: Runi Sari/Okezone)

Habibie Imbau Kaum Ibu Tak Pergi ke Luar Negeri Jadi TKW

SOLO - Mantan Presiden RI, Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie menyatakan tidak setuju bila kaum ibu di Indonesia harus meninggalkan anak-anaknya untuk pergi ke luar negeri.

Apalagi, kepergian ke luar negeri itu demi menjadi tenaga kerja wanita (TKW). Meski hal itu bertujuan untuk mencari uang guna membiayai pendidikan anaknya, hal itu menurut Habibie keliru.           

“Karena ibu memiliki peranan penting dalam pendidikan anak, menjadi kunci penting dalam pembudayaan pendidikan anak. Karena itu, ibu jangan jadi TKW di luar negeri, sehingga harus meninggalkan anak,” ungkap BJ Habibie di depan 1.500 peserta acara “Habibie Mendidik dengan Hati”, di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/3/2013).

Habibie mengatakan bahwa di tangan para ibulah nasib generasi penerus bangsa. Oleh karenanya, mantan Menristek di era almarhum Presiden RI, Soeharto itu menekankan perlunya mendidik ibu rumah tangga (IRT) agar mereka mampu memberikan kontribusi maksimal dalam keluarga, terutama dalam hal mendidik anak.

“Ibu Ainun tidak melanjutkan bekerja demi kelangsungan pendidikan anak-anaknya. Ibu Ainun memimpin dan menjaga keluarga, karena saya sibuk bekerja,” kenangnya.

Karena pentingnya posisi seorang ibu, kata Habibie, maka penting bagi calon-calon ibu harus diajari atau diberi pelajaran bagaimana mendidik anak, salah satunya adalah mendidik dengan hati yang hanya bisa dilakukan dengan pendekatan. “Dalam hal pendidikan, anak harus dekat dengan ibunya,” tandasnya.

Lebih lanjut Habibie mengaku prihatin karena sekarang ini terlalu banyak ibu rumah tangga yang ke luar negeri demi mencari uang, sehingga anaknya sendirian di rumah dan tidak memperoleh perhatian,” pungkasnya.

(put)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Nazaruddin Cs Kuliah S-2 Hukum di Lapas Sukamiskin