Polisi Disuap, Pos Polisi Bali Dipasang Spanduk Stop Pungli

Oknum polisi saat bernegosiasi dengan bule saat ditilang (Foto: Youtube)

Polisi Disuap, Pos Polisi Bali Dipasang Spanduk Stop Pungli
DENPASAR- Setelah aksi suap yang melibatkan oknum polisi terbongkar di dunia maya, kini jajaran Kepolisian berupaya mengembalikan citra di mata masyarakat dengan memasang spanduk anti-pungli di setiap Pos Polisi.

Berdasar pantauan di lapangan, Sabtu (6/4/2013), di Pos Polisi yang terletak di Jalan Raya Kerobokan dan Petitenget atau tempat terjadinya suap melibatkan petugas terhadap wisatawan asal Belanda belum lama ini, penampilannya telah berubah.

Sebuah spanduk beriisikan anti-pungli dipasang mengelilingi bangunan Pos Polisi yang persis di pojok perempatan jalan.

Bunyi spanduk itu, berupa peringatan kepada semua pihak untuk tidak melakukan penyuapan atau pungli kepada petugas. Tulisan tersebut “Baik pemberi pungli atau penerima sama-sama bisa dijerat hukum dengan ancaman pidana kurungan atau denda.”

Bahkan di spanduk itu tertera pasal-pasal dan ancaman hukuman terhadap tindak pidana suap atau pungli. Beberapa petugas nampak sibuk memasang spanduk seperti terlihat di Pos Polisi di Perempatan Jalan Raya Kerobokan dan Gunung Agung.

Pemasangan spanduk stop pungli itu tidak hanya terpasang di Pos Polisi di Wilayah Badung, namun juga sejumlah pos pol di Denpasar.

Dari pantauan siang tadi, yang bertepatan dengan Hari Raya Kuningan ada beberapa pengendara sepeda motor wisatawan asing tidak mengenakan helm saat melintas di depan Pos Polisi Lio atau di lokasi tayangan video suap yang diungguh bule Belanda itu, tidak distop petugas.

Meski ada satu orang petugas, dia  memilih berada di dalam Pos Polisi tersebut. Hingga kini belum diperoleh penjelasan dari kepolisian terkait aksi pemasangan spanduk stop Pungli di Pos Polisi.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Hariadi dan Kasubag Humas Polres Badung AKP Ida Bagus Made Sarjana saat dihubungi lewat telefonnya tidak menjawab. (kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mobil Dinas Presiden Rusia Bertenaga 800 Hp